Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jakasampurna Wakili Bekasi Barat Ikuti Lomba PKK Tingkat Kota

| 28 Juni WIB |
LUGAS | Kota Bekasi - TP PKK Kota Bekasi menggelar Monitoring dan Evaluasi Program Pokok PKK dan Penilaian  Lomba Tingkat Kota Bekasi di Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Senin (27/6/2022) 

Hadir pada kegiatan tersebut, Plt Ketua TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto, Camat Bekasi Barat Gutus Hermawan, Sekretaris Kecamatan Nurdin, Lurah Jakasampurna Edi Junaedi, Ketua TP PKK Bekasi Barat Ny. Nuning Suliastini, Ketua TP PKK Kelurahan Jakasampurna Ny. Misliyah, lurah se- Bekasi Barat, Bhabinkamtibmas, Bimaspol, UPTD Puskesmas, Ketua tim penilai, staf OPD yang terlibat di dalam tim penilaian, para ketua TP PKK RW serta para tokoh masyarakat, LPM, BKM, Linmas, Ketua RW, Ketua FKRW, Ketua RT.

Gutus Hermawan dalam sambutanya menyampaikan rasa syukurnya hari ini Kecamatan Bekasi Barat mengikuti lomba PKK Tingkat Kota Bekasi. 

"Alhamdulillah kita semua bersyukur hari ini kegiatan monitor dan evaluasi dari 10 program PKK, dan  Kelurahan Jakasampurna mendapat giliran sebagai tuan rumah mewakili Kecamatan Bekasi Barat," ujarnya. 

Gutus Hermawan menjelaskan, Kelurahan Jakasampurna  menjadi pilihan karena sudah melalui penilaian, banyak keunggulan-keunggulan dan potensi yang ada dikelurahan Jakasampurna," tandasnya.

Sementara itu ketua TP PKK Jakasampurna Ny.Misliyah menyampaikan, bahwa aspek yang dinilai itu dari administrasi, dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pendataan tentang stunting anak, dan kegiatan di posyandu, selain itu rumah sehat, kebun gizi dan tanaman obat. 

"Dalam lomba ini tentunya kami sangat optimis, karena kami telah kerja keras, sudah lama kami siapkan dan semua ibu-ibu PKK semua terlibat baik dari tingkat RW maupun RT," tegasnya. 

"Dikarenakan kelurahan kami terpilih mengikuti lomba, tentunya ini hasil dari penilain tingkat kecamatan. Kami ditunjuk sebagai perwakilan Kecamatan Bekasi Barat, sudah barang tentu kita sangat siap mengemban amanah ini, kami bersama PKK dan semua pendukung akan senantiasa kompak dalam mensukseskan perlombaan ini supaya kita bisa menang dan menjadi juara nantinya, kami selalu optimis dengan apa yang kami lakukan," ucap Ny. Misliyah. 

Salah satu penilaian oleh tim penilai adalah rumah sehat di lnkoppol RW 05 Jakasampurna. Penilaian rumah sehat dan lingkungan setempat dalam rangka membangun motivasi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Rumah sehat tersebut mendapat tinjauan langsung Plt. Ketua TP PKK Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto, didampingi Camat  Bekasi Barat Gutus Hermawan, Sektretaris Camat Nurdin, Ketua TP PKK Bekasi Barat Ny. Nuning Suliastini, Lurah Jakasampurna Edi Junaedi, Ketua TP PKK Kelurahan Ny. Misliyah. 

Ketua  TP PKK Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto  mengatakan, penilaian rumah sehat memprioritaskan tersedianya penghijauan, berupa Tanaman Obat Keluarga (TOGA) atau tanaman hias dan tanaman produktif. Lalu, kondisi rumah mulai warna cat, interior dan kebersihan rumah.

”Poin penilaian, yakni, kebersihan rumah, sanitasi berfungsi dengan baik, bebas dari sampah, bebas dari tanaman liar dan bebas dari sendimen dan terdapat ventilasi udara,” jelas Wiwiek Hargono Tri Adhianto.


Wiwiek juga mengutarakan, dengan adanya penilaian rumah sehat, ke depan akan memotivasi wilayah lainnya, utamanya para warga untuk menciptakan pola hidup nyaman dan lingkungan yang sehat dan bersih.

Tambah Wiwiek, ”berawal dari lingkungan terkecil yakni rumah, merupakan langka awal menggugah para warga untuk mewujudkan hidup yang sehat bersama keluarga."

Wiwiek menyampaikan kegiatan monitoring terjun langsung ke lapangan sangatlah diperlukan untuk menyapa para kader, melihat kinerja PKK untuk dikaji dan dievaluasi.

Tak lupa Wiwiek Hargono Tri Adhianto menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam mensukseskan kegiatan penilaian 5 Lomba 10 Program PKK Tingkat Kota Bekasi.

“Terimakasih kepada seluruh stakeholder, yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan lomba PKK tingkat Kota Bekasi,” kata Wiwiek Hargono Tri Adhianto.

Rondang Pangabean, pemilik rumah sehat di perum lnkoppol RW 05 Jakasampurna merasa senang rumahnya menjadi pilihan dalam penilaian kategori rumah sehat. 

"Saya tidak menyangka, ini bener-bener surprise rumah ini masuk dalam penilaian rumah sehat, seminggu sebelumnya saya diberitahu ketua RW, tentunya segalanya kami siapkan, tapi bagi kami ya sudah biasa memang kondisi rumah kami seperti ini, rumah kami tidak lembab, cukup ventilasi, cukup cahaya, memiliki fasilitas sanitasi. Selain itu pemanfaatan lahan dengan tanaman hijau. Selain tentunya penghuninya sehat, makanan juga makanan sehat," tutup Rondang Pangabean. 


Reporter: Agus Wiebowo

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update