Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

GEN AKTIF Berbagi Inspirasi Persiapkan Anak Jadi Generasi Sehat dan Kreatif

| 11 Agustus WIB |
LUGAS | Jakarta - Menjadi orang tua untuk anak generasi masa kini memang tidak mudah dan penuh tantangan. Berbagai hal harus dipersiapkan dengan baik, termasuk terkait strategi untuk mengimbangi perkembangan zaman agar orang tua tidak merasa kewalahan dan mampu menyesuaikan pola asuh. Lalu, bagaimana cara agar orang tua mampu mendidik anak-anak di masa sekarang sehingga memiliki masa depan yang gemilang?

Penggiat Pendidikan Najeela Shihab di acara Kick Andy edisi Peringatan Hari Anak Nasional yang tayang akhir Juli lalu mengatakan semua anak memiliki keunikan dan potensi diri masing-masing. 

“Hanya terkadang orang dewasa di sekitarnya yang justru mendefinisikan prestasi secara terlalu sempit. Misalnya, anak berprestasi hanya dinilai dari pencapaian di akademis atau hanya yang berani tampil,” ujarnya.

Najeela menjelaskan bahwa tolok ukur anak berprestasi itu tidak hanya dilihat berdasarkan nilai akademik, namun banyak parameter lain yang bisa diukur. Oleh karena itu, orang tua harus lebih peka terhadap tumbuh kembang anak agar ia bisa berkembang sesuai bakat dan minatnya.

“Setiap anak dapat menampilkan potensinya di berbagai tempat selama ia disediakan ruang dan fasilitas. Selain itu, kita harus bantu dengan menyuburkan minat dan bakatnya dengan tepat,” terang Najeela.

Di acara Kick Andy tersebut, juga hadir Akeyla Naraya (12 tahun) dan Daffa Nurdiansyah (15 tahun). Mereka adalah dua anak yang berprestasi dan menjadi kebanggan bangsa Indonesia.


Akeyla Naraya merupakan seorang desainer cilik asal Bekasi, Jawa Barat. Di usianya yang masih 12 tahun, ia sudah tampil di berbagai acara pagelaran busana dunia. Pencapaian Akeyla tersebut tak lepas dari dukungan kedua orang tuanya yang mengarahkan minat dan bakat Akeyla pada media yang tepat.

Sosok inspiratif lainnya adalah pejuang literasi dari Kota Bukittinggi, Daffa Nurdiansyah. Sang ayah yang bekerja sebagai buruh dan sang ibu yang hanya sebagai ibu rumah tangga membuat Daffa tumbuh dan berkembang dalam kondisi keluarga yang sangat sederhana. Namun hal itu tidak menjadikan Daffa patah semangat untuk meraih impiannya. 

Dukungan dan perhatian yang diberikan oleh keluarganya membuat Daffa semakin termotivasi untuk menjadi seorang penulis dan menebar manfaat bagi banyak orang melalui karyanya sebagai seorang penulis dan pelatih di bidang literasi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta Fery Farhati Ganis yang turut menjadi narasumber di acara Kick Andy juga mengungkapkan keluarga, khususnya orang tua, menjadi faktor utama dalam mencetak kesuksesan seorang anak. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tumbuh kembang anak seperti lingkungan, pendidikan, serta peran dari pemerintah. 

Hal tersebut juga diamini oleh host Kick Andy sekaligus Chief Executive Officer BenihBaik.com Andy F Noya.

“Jika berbagai pihak berkolaborasi bersama dengan penuh kesadaran maka akan tercipta sinergi yang baik, dimulai dari keluarga, sekolah, hingga lingkungan dengan tujuan menciptakan sesuatu yang lebih baik,” timpal Andy.

Selain itu, Chief Marketing Officer BenihBaik.com Firdaus Juli menegaskan gerakan GEN AKTIF (Generasi Sehat dan Kreatif) yang diinisiasi oleh BenihBaik.com memiliki dampak yang positif dan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Melalui gerakan tersebut, BenihBaik.com berharap bahwa anak muda dapat tumbuh sehat di lingkungan yang baik, terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif, seperti merokok, dan diberikan fasilitas serta medium yang tepat agar dapat menyalurkan minat dan bakatnya pada hal-hal yang positif. Program ini melibatkan kerja sama antar berbagai pemangku kepentingan seperti sekolah dan PKK. 

Gerakan GEN AKTIF menggelar berbagai kegiatan seperti lokakarya dan pelatihan edukasi serta motivasi bagi para guru, orang tua, serta pelajar SMP dan SMA. Salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan GEN AKTIF ialah pentingnya bagi anak-anak untuk menjauhi rokok, agar bisa mencetak generasi muda yang sehat.

Sepanjang paruh pertama tahun 2022, GEN AKTIF telah menggelar kegiatan di DKI Jakarta dan DI Yogyakarta yang diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta. Ke depannya, program ini juga akan menjangkau provinsi lainnya.

"Gerakan GEN AKTIF mempersiapkan generasi muda agar tangguh serta memiliki kemampuan kreasi yang tinggi. Tujuannya sederhana, kami ingin agar anak-anak Indonesia membuat dobrakan serta berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia, untuk itu tentu mereka perlu disiapkan secara menyeluruh. Anak-anak ini juga harus sehat agar kemampuan yang telah dibangun dapat digunakan secara jangka panjang,” tegas Firdaus Juli.

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update