Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

SENKOM Kembali Hadir dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Pengurangan Risiko Bencana di PBB

| 27 Mei WIB |


LUGAS | Jakarta - Guna evaluasi dan implementasi kerangka Kesepakatan Sendai dalam penanganan kebencanaan, Pengurus Pusat (PP) Senkom Mitra Polri DR. Muhammad Hidayat hadir dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Negara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Markas Besar PBB New York.

 

Ini untuk kali ketiga Senkom hadir di forum PBB guna membahas masalah pengurangan risiko bencana.


Dr. Muhammad Hidayat merupakan relawan kemanusiaan yang telah berpengalaman menjalankan misi kemanusiaan baik di Indonesia maupun berbagai Negara seperti misi kemanusiaan di Turkey, Camp Suriah dan Camp Palestina di Jordania, serta Camp Cox’s Bazaar di Bangladesh.




Selama tiga hari pertemuan yang diawali dengan kegiatan “Risk Reduction Hub” ini menghasilkan kesepakatan perlunya Negara-negara memperkuat implementasi dalam melaksanakan Kerangka Sendai yang telah disepakati 187 negara dalam menunjang pembangunan berkelanjutan dan capai target-target Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.



Majelis Umum PBB mengadakan Pertemuan Tingkat Tinggi untuk melakukan evaluasi terhadap Kerangka Kerja Sendai Pada 18-19 Mei 2023. Pertemuan ini diikuti oleh delegasi dari negara-negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan juga lembaga dunia seperti World Bank, WHO, FAO, UNDP, UNICEF dan lembaga-lembaga naungan PBB lainnya.



"Kerangka Sendai 2015-2030 merupakan komitmen yang disepakati Negara-negara anggota PBB dalam pengurangan risiko bencana dan menjadi pedoman negara untuk mengurangi dampak bencana dari berbagai sektor seperti, ekonomi, sosial, dan politik," ujar Hidayat.



Menurut Hidayat, perlu kerjasama dari berbagai unsur termasuk organisasi seperti Senkom Mitra Polri dalam mengimplementasikan tujuan atau program yang telah disepakati Kerangka Sendai untuk Pengurangan Resiko Bencana.



Dihubungi terpisah Ketua Umum Senkom Mitra Polri Katno Hadi, SE, MM menyatakan rasa bersyukur dan bangga bahwa salah Pengurus Pusat Senkom bisa dipercaya dan diundang untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Majelis Umum PBB di New York.



"Kami merasa bersyukur dan bangga atas kepercayaan Majelis Umum PBB mengundang salah satu Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri untuk ikut berpartisipasi dalam Pertemuan Tingkat Tinggi guna melakukan evaluasi terhadap Kerangka Kerja Sendai bersama lembaga dunia seperti World Bank, WHO, FAO, UNDP, UNICEF dan lembaga-lembaga naungan PBB lainnya," ungkap Ketum Senkom Katno Hadi.


Menurut Ketum Senkom Katno Hadi bahwa Kerangka Sendai 2015-2030 untuk Pengurangan Resiko Bencana perlu didukung semua lembaga pemerintah terkait dan seluruh elemen masyarakat termasuk organisasi Senkom Mitra Polri yang memiliki 3 (tiga) kluster pengabdian yaitu Kamtibmas, Bela Negara dan Penanggulangan Bencana.

 

Sebelumnya, Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri DR. Hendra Saputra juga menjadi pemapar terbaik PBB pada tahun 2013 dan 2014 dalam penanganan bencana berbasis komunitas.

(TJ/MP)



PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update