Peserta Upacara HUT RI di Tanjabbar Tiba-tiba Masuk Hutan. Ini Yang Mereka Lakukan


LUGAS | Tanjabbar, Jambi - Usai upacara bendera HUT RI ke-78 pada Kamis (17/8/2023) di desa Delima, wakil ketua Senkom Mitra Polri Tanjab Barat Walidi didampingi dua anggota, bersama anggota TNI, Polri, Linmas dan komunitas-komunitas yang tergabung dalam Sanggar Alam Delima (SAD)  masuk ke hutan menuju Hutan Lindung Gambut (HLG)  Sungai Bramitam, untuk patroli karhutla dan memasang spanduk larangan membakar hutan dan lahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. 

Walidi mengungkapkan kegiatan ini digagas oleh ketua Senkom Tanjab Barat H. Suwardi, yang mana pada hari selasa lalu memerintahkan supaya  membuat spanduk dan dipasang pada tanggal 17 Agustus setelah upacara HUT RI.

"Sebagai bukti betul-betul mendukung program pemerintah dan bertepatan dengan momentum hari kemerdekaan," ucap Walidi. 

Dari pihak TNI dan Polri pun menyarankan agar spanduk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dipasang pada akses jalan masuk ke HLG karena ada beberapa titik yang sudah dirambah oleh oknum-oknum tertentu yang menyebabkan tumpukan dedaunan dan batang kayu kering yang berpotensi tinggi menimbulkan risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Diterangkan Walidi, ketua PHMAL Senkom Tanjab Barat juga mendapat tugas untuk menggalang dukungan ke pihak-pihak terkait yaitu TNI, Polri, Manggala Agni, KPH, SAD dan lain-lain.


"Alhamdulillah responnya sangat baik dan bisa terlaksana hari ini," ucap Walidi.

Kapolsek Tebing Tinggi Iptu Windy Trias Kumoro, S.H., M.H mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang turut terlibat secara aktif dalam upaya pencegahan karhutla ini.

"Terimakasih kepada Senkom, TNI, Polri, Linmas dan komunitas yang tergabung dalam SAD atas terselenggaranya kegiatan hari ini yaitu pemasangan spanduk larangan membakar lahan, patroli Karhutla dan perambahan serta memberi pelajaran sejak dini kepada anak- anak SD dan SMP desa Delima untuk mencintai Alam dan lingkungan," ucap Kapolsek Tebing Tinggi Iptu Windy Trias Kumoro, S.H., M.H.

Lanjut Kapolsek, "Saya juga mengucapkan Selamat Musprov Senkom Mitra Polri Jambi yang keempat. Semoga Senkom semakin bersinergi dengan TNI, Polri dan masyarakat, dan semakin bermanfaat bagi masyarakat. Sukses untuk Senkom."

Tak ketinggalan Serda Ujang Saputra Babinsa desa Delima mengapresiasi kepada Senkom dan kawan-kawan di SAD atas kinerjanya dalam melestarika HLG Sugai Bramitam.

 


Laporan Abdullah Muslih

Tidak ada komentar