Mendapat Hak HKm, Poktan Bukit Sinyal Diimbau Patuhi Peraturan yang Telah Disepakati


 


LUGAS I Batanghari -  Terkait lahan garapan di HKm (Hutan Kemasyarakatan) Bukit Sinyal Kabupaten Batanghari, warga Simpur Rejo Desa Bungku kecamatan Bajubang, telah menunjuk  Iwan Robianto yang juga keturunan Moyang Segayo atau Suku Anak Dalam (SAD) sebagai Ketua Kelompok Tani Bukit Sinyal, pada Minggu (10/9/2023).

Pertemuan diadakan kawasan permukiman perkumpulan Poktan Bukit Sinyal di dusun Simpur Rejo, dengan dihadiri Siswo Miharjo selaku tokoh masyarakat, Purwanto ketua Karang Taruna, serta Feri selaku humas perkumpulan Poktan Bukit Sinyal dan para anggota Poktan.

Iwan Robianto selaku ketua Poktan Bukit Bukit menghimbau kepada warga Bukit Sinyal yang sudah tergabung dalam perkumpulan kelompok tani (Poktan) agar mematuhi peraturan yang sudah disepakati bersama.

"Apabila masih ada yang bandel terhadap himbauan saya, saya tidak segan-segan untuk memberikan sanksi bagi warga yang sudah menggarap lahan garapan," ucapnya.

"Keberhasilan kelompok tani tergantung pada kita bersama yang punya kemauan untuk bercocok tanam dan berkebun," ujar Iwan.

Iwan tak lupa mengingatkan apabila ada permasalahan agar dapat diselesaikan dengan baik secara musyawarah.

Selaku tokoh masyarakat, Siswo Miharjo juga mengimbau agar warga yang sudah tergabung  dalam perkumpulan kelompok tani dan sudah mendapatkan tanah tapak untuk perumahan agar segera  didirikan rumah dan di tempati.

Disamping soal pemanfaatan lahan yang sudah diberikan sebagai hak warga sekitar hutan oleh perusahaan pengelola Hutan Tanaman Industri, Feri selaku humas  perkumpulan kelompok tani Bukit Sinyal menghimbau kepada warga agar di musim kemarau ini  tidak menggarap dengan cara membakar.

"Dimusim kemarau ini agar tidak melakukan kegiatan berkebun dengan membakar lahan, karena bisa berpontesi terjadi kebakaran lahan," ucap Feri.

Diingatkan juga oleh tokoh pemuda Desa Bungku yang juga ketua Karang Taruna, Purwanto, agar warga  bisa saling bekerja sama saling menjaga kelestarian hutan, situasi kamtibmas,  dalam suasana yang rukun, kompak dan kerjasama.

"Sehingga apabila ada kebakaran lahan bisa segera diatasi bersama," pungkas Purwanto.


Laporan Romli




Tidak ada komentar