• Latest News

    3 Rekomendasi BIN Tangani Keamanan Papua



    TABLOIDLUGAS.COM
    | Jakarta
    -  "Dengan berkembangnya situasi di Papua, telah diambil inisiatif atas koordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri untuk membuat crisis center di Papua, sehingga komunitas intelijen secara terpadu dapat memberikan masukan perkembangan situasi terkini," kata Kepala BIN Marciano Norman dalam rapat dengan Komisi I di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/2/2013).

    Saat ini BIN juga menjalin komunikasi dengan pihak Organisasi Papua Merdeka (OPM). BIN mengupayakan agar OPM bisa kembali menjadi bagian dari masyarakat Papua dalam wilayah kesatuan NKRI.

    "BIN juga telah melakukan komunikasi intelejen secara berlanjut dengan para tokoh dan anggota OPM untuk kembali ke tengah lingkungan masyarakat dan mereka diarahkan agar bersedia di perumahan yang sudah disediakan dan diberikan pelajaran untuk mengelola usaha dan untuk kehidupannya," papar Marciano.

    Selain upaya yang telah disebutkan, BIN juga mengeluarkan tiga rekomendasi untuk menyelesaikan konflik Papua. Berikut tiga rekomendasi BIN:

    1. Peristiwa Kabupaten Puncak dan Puncak Jaya yang bersifat taktis berdampak strategis. Masalah ini wajib dikelola dengan baik dengan dukungan semua pihak agar langkah penanganan yang dilakukan benar-benar tepat dan terukur. Sehingga tidak menjadi eksesif yang akan kontraproduktif kepada nasional.

    2. Pelaksanaan intelejen khusus yang melibatkan segenap pemangku kepentingan dalam satu keterpaduan. Dalam rangka mewujudkan kondusivitas keadaan yang mendukung bagi upaya-upaya untuk pencapaian stabilitas situasi dan penyelenggaraan program pengembangan di Papua dan Papua Barat.

    3. Seluruh instansi pemerintah terkait, dengan dukungan DPR RI, agar makin meningkatkan upaya untuk realisasi program masing-masing di Papua dan Papua Barat. Sehingga menjadi prioritas dalam rangka percepatan pencapaian hasil pembangunan sekaligus meredusir, menangkal perkembangan separatisme.

    [L]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 3 Rekomendasi BIN Tangani Keamanan Papua Rating: 5 Reviewed By: TABLOID LUGAS
    Scroll to Top