Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kronologi Penembakan TNI di Papua

| 25 Februari WIB |


TABLOIDLUGAS.COM | Jakarta - "Pada tanggal 21 Februari gerombolan pengacau keamanan bersenjata Papua melakukan 2 kali penyerangan disusul dengan penembakan pada saat evakuasi korban di Tingginambut pada tanggal 22 Februari," kata Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono dalam rapat bersama Komisi I di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Panglima TNI menerangkan lokasi Tingginambut berjarak 20 Km dari Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua, merupakan daerah tergolong rawan. Di daerah itu terdapat markas kelompok bersenjata. "Gerombolan pengacau yang ada di sini kelompok Goliath Tabuni dengan kekuatan sekitar 50 orang," ujar Panglima TNI.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 8 prajurit TNI gugur diberondong peluru gerakan pengacau keamanan (GPK) bersenjata di tanah Papua. Pelaku penembakan masih belum diketahui, namun diduga berasal dari kelompok Goliath Tabuni dan Yambe.

Wilayah penyerangan lainnya di Sinak, Puncak, Papua, tak kalah rawan. "Kabupaten ini terletak sekitar 40 km dari Tingginambut. Merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya. Juga merupakan daerah operasi pengamanan dimana ada korps TNI," papar Panglima TNI kepada peserta rapat Komisi I DPR.

Berikut peristiwa penembakan di dua daerah itu secara kronologis berdasarkan keterangan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono:

Kamis, 21 Februari 2013

Pukul 09.30 WIT
Pada pukul 09.30 waktu setempat, pos TNI di Tingginambut didatangi seorang yang bernama Wendi Tabuni yang bermaksud mengunjungi komandan pos Lettu Infantri Resakita. Mohon diketahui bahwa Wendi Tabuni ini adalah sahabatnya TNI, tetapi juga sahatnya kelompok lain.

Pukul 10.00 WIT
Setelah berbincang-bincang lebih kurang 30 menit, Wendi Tabuni meninggalkan pos dan langsung menghilang dan tidak berapa lama terjadi penyerangan dan rentetan tembakan dari segala penjuru. Diperkirakan penyerangan dilakukan oleh kekuatan GPK Papua bersenjata pimpinan Goliath Tabuni dengan kekuatan 50 orang dengan 18 pucuk senjata.

Anggota pos memberikan perlawanan dibantu pos infantri 753 terdekat dan pos brimob. Mendapat bantuan tersebut kemudian GPK Papua melarikan diri ke arah gunung. Akibat serangan tersebut 1 orang prajurit gugur atas nama Bratu Wahyu Prabowo dengan luka tembak di bagan dada kiri dan Letnan Satu Infantri Risakita Armena. Komandan pos Tingginambut mengalami luka tembak di bagian lengan kiri, terkena serpihan peluru yang meleset.

Pukul 10.30 WIT
Serangan kedua pada pukul 10.30 WIT di kampung Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak Jaya. 11 Orang anggota TNI dari Koramil Sinak dan Yonif 753 berangkat menuju bandara dengan berjalan kaki berjarak sekitar 1,5 Km dengan berpakaian preman dan tanpa senjata untuk mengambil alat komunikasi HT dan HP Satelit yang dikirim dari Kodim Nabire. Perlu diketahui bahwa 11 orang ini bukan anggota yang sedang jaga dan bukan yang sedang melakukan patroli, tapi adalah anggota yang stand by di situ. Mengingat seperti yang kami laporkan tadi, di Sinak ada 38 orang personil, sehingga yang jaga tetap jaga dan yang patroli tetap ada, yang tidak melaksanakan tugas ini diberi tugas untuk mengambil alat komunikasi ini sehingga mengapa mereka berpakaian preman dan tanpa senjata karena kedekatan TNI dan masyarakat sekitar.

Saat melintas di Desa Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak Jaya, rombongan tersebut dihadang oleh rombongan kelompok bersenjata yang diperkirakan oleh kelompok Yambe, dipimpin oleh Murip dan Lekaka Telenggen, dengan kekuatan massa militan lebih kurang 20 orang dengan senjata 4 pucuk, markas di kampung Yambe.

Setelah melakukan penghadangan GPK Papua melarikan diri ke arah sungai dan menghilang.

Akibat penyerangan tersebut 7 anggota TNI dan 4 masyarakat sipil meninggal dunia dan 1 orang luka kritis. Nama yang gugur dari Koramil 1714 ada 3 orang: Sertu Frans Hera, Sertu M Udin dan Sertu Epi Juliana. Sementara dari personil Yonif 753 terdapat 4 personil gugur atas nama Sertu Ramadhan Amang, Pratu Mustopa, Praka Jojo Miharja dan Praka Winfred.

Adapun 4 warga masyarakat sipil juga turut tertembak dan meninggal serta 1 orang kritis atas nama: Yohanes Palimbong, Markus Kafin, Uli dan Rudi. Sedangkan Yohanes Joni masih dalam keadaan kritis.

Atas kejadian tersebut aparat TNI khususnya tim 1714 mengambil langkah sebagai berikut: memberangkatkan 21 orang anggota TNI pasukan gabungan yang terdiri dari 9 orang anggota TNI 753 dipimpin oleh Lettu Infantri Didi Irawan, 7 orang anggota Yonif 751 dipimpin Lettu Infantri Hermianto dan 5 anggota sargas pantauan 10 dipimpin oleh Lettu Infantri Rizal yang menuju ke Tingginambut dan melaksanakan evakuasi korban yang tertembak pada saat kontak tembak dengan kelompok bersenjata GPK Papua.

Selain itu Kodim 1714 juga memberangkatkan 14 orang anggota TNI gabungan terdiri dari 6 orang anggota Yonif 753 dan 5 orang anggota kodim pimpinan Infantri Prabowo. Dari Mulia menuju Tingginambut untuk perkuatan bantuan evakuasi karena masih terjadi kontak tembak dan mempersiapkan rencana evakuasi.

Jumat, 22 Februari 2013
Penyerangan ke-3 pada tanggal 22 Februari pukul 08.00 WIT, di saat heli Super Puma TNI AU baru saja mendarat di Bandara Sinak untuk melaksanakan evakuasi korban. Terjadi penembakan terhadap heli Super Puma ini dari jarak 300 meter oleh seorang anggota GPK bersenjata Papua. Akhirnya evakuasi tak jadi dilaksanakan dan heli Super Puma kembali.

[L]

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update