Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Baku Tembak Polisi vs Teroris di Poso

| 03 Maret WIB |
foto:dok.kompas
TABLOIDLUGAS.COM | Kepolisian dan kelompok sipil bersenjata yang diduga teroris terlibat baku tembak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin (3/3/2014) sekitar pukul 13.00 Wita.

Hingga pukul 16.00 Wita, baku tembak masih terus terjadi di kawasan hutan Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara. Kapolres Poso, AKBP Susnadi masih berada di kawasan hutan untuk mengejar kelompok bersenjata itu.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Soemarno yang dihubungi melalui telepon genggam menyebutkan, dua anggota Polri dari Brimob Polda Sulteng terluka.

"Satu orang tertembak di bagian paha bernama Bripda Baharuddin dan satu lagi Bharada Syamsu Alam tertembak di pinggul. Mereka telah dilarikan ke Palu untuk mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Bhayangkara," ujarnya.

Soemarno mengaku belum mendapatkan informasi dari Polres Poso apakah dari pihak teroris ada yang tertangkap atau terluka. "Aksi baku tembaknya masih terus berlangsung," ujar Soemarno.

Menurut dia, peristiwa ini berawal dari upaya Polri mengepung tempat persembunyian kelompok teroris tersebut di hutan sekitar Desa Kilo, sekitar 160 km tenggara Kota Palu. Pengepungan itu berdasarkan hasil pengembangan informasi dari berbagai pihak.

"Rupanya kelompok bersenjata itu memang sudah melakukan persiapan pula, sehingga ketika melihat pasukan kita datang, mereka langsung melakukan serangan dengan tembakan-tembakan ke arah pasukan," ujarnya.

Soemarno mengemukakan bahwa arus lalu lintas di jalan trans Sulawesi antara Poso - Palu tetap lancar, namun polisi saat ini banyak melalakukan razia di jalan untuk mempersempit pergerakan teroris yang kemungkinan berusaha melarikan diri.

Sebelumnya, pada 5 Februari 2014, dalam aksi baku tembak yang berlangsung di Desa Taunca, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, seorang polisi bernama Bhayangkara Dua (Bharada) Putu Satria dan seorang terduga teroris yang belum diketahui identitasnya meninggal dunia diterjang peluru.

Pada pertengahan Oktober 2012, dua polisi dibunuh oleh kelompok teroris di Dusun Tamanjeka, Poso. Dan pada Desember 2012, empat anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah juga tewas diberondong kelompok teroris di daerah yang sama.

Sementara itu, terjadi dua ledakan bom dalam sepekan terakhir yakni di kantor Harian Radar Sulteng di Palu pada Senin (24/2/2014) dan di Desa Pantangolemba, Kecamatan Poso Pesisir Selatan pada Selasa (25/2), namun motif peledakan di dua tempat itu hingga kini belum terungkap. {L/tribun]

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update