• Latest News

    Turut Terdampak PSBB, Pemkot Bekasi Salurkan Bantuan Kepada Mitra Kerja Humas

    LUGAS | Kota Bekasi - Turut terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat wabah corona atau Covid-19, wartawan sebagai mitra kerja humas yang bertugas di Pemkot Bekasi mendapat bantuan sosial berupa sembako. Bantuan ini tersalur berkat kesigapan tim humas Pemkot Bekasi yang turut melakukan verifikasi data penerima bantuan sosial terhadap lebih dari 300 wartawan yang bertugas di Pemkot.

    Sebelumnya, penerima bantuan sosial hanya warga ber-KTP Kota Bekasi saja yang mendapat bantuan sosial sebagaimana  tercantum dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non DTKS Kota Bekasi. Dan para pekerja media ini bukan termasuk penerima bantuan sosial dalam DTKS.

    Karena itu, Pemerintah Kota Bekasi, kata Kasubag Humas Pemkot Bekasi, Sayekti R, secara khusus membuat program bagi awak media yang ber-KTP dan KK di luar Kota Bekasi untuk dimasukkan sebagai salah satu penerima bantuan sosial berupa sembako dari Pemkot Bekasi, sebagai apresiasi terhadap kemitraan yang telah terjalin dengan baik antara Pemkot dengan kalangan pewarta tersebut.

    Sayekti meyakini, awak media juga terdampak adanya PSBB akibat wabah Corona atau Covid-19. "Saya yakin bahwa awak media juga bagian dari pahlawan penanganan Covid-19 ini, dan juga terdampak Covid-19, karena tidak bisa melakukan usaha-usaha lain, nantinya bisa mengganggu perekonomiannya,“ kata Sayekti di Balai Patriot Kantor Wali Kota Bekasi, Rabu (29/4/2020) siang.

    Mahar Prastowo dari Forum Wartawan Digital (Forward) yang wartawannya juga bertugas di Pemkot Bekasi menyampaikan apresiasi atas program bantuan sosial untuk para pekerja media. Menurutnya, setiap instansi seharusnya juga melakukan langkah sebagaimana dilakukan Pemkot Bekasi. "Wartawan ini kan mitra humas dalam mengabarkan dan mendistribusikan informasi program kerja instansi terkait. Sudah selayaknya jika mereka juga diperhatikan. Bukan soal jumlah nominalnya, tapi bentuk perhatian tersebut akan sangat bernilai ditengah situasi seperti saat ini yang mana semua terdampak termasuk pekerja media, " ujar Mahar.

    Menurutnya, dengan bantuan sosial kepada pekerja media, setidaknya akan mengurangi beban perekonomian agar mereka dapat tetap tenang dan fokus bekerja mengawal program pemerintah dalam mengatasi wabah covid-19. [L]


    Reporter: Agus Wiebowo
    Editor: M. Yusuf
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Turut Terdampak PSBB, Pemkot Bekasi Salurkan Bantuan Kepada Mitra Kerja Humas Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top