• Latest News

    Satbinmas Polresta Padang Kawal Touring Senkom Rider ke Mandeh

    Reporter: Riki Abdillah | Editor: Mahar Prastowo















    LUGAS | Padang - Satbinmas Polresta Padang turut serta mengikuti kegiatan yang diadakan Senkom Mitra Polri Kota Padang yaitu agenda tahunan touring Komunitas Senkom Rider, yang mana pada tahun 2020 ini mengambil  tujuan ke Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (2/8/2020).

    Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Darto didampingi Ipda Adha dan beberapa anggota dari Satbinmas Polresta Padang berkenan untuk melepas start acara touring ini serta mengawal kegiatan sampai selesai.

    H.M. Abdillah, S.T, S.H,  Ketua Senkom Mitra Polri Kota Padang mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Komunitas Senkom Rider Indonesia Chapter Kota Padang. Sempat tertunda karena adanya wabah covid-19 yang menimpa hampir seluruh dunia. "Dan kini dalam situasi adaptasi pola kehidupan baru kegiatan ini telah bisa kita adakan, namun dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, diantaranya peserta touring wajib memakai masker dan menjaga jarak”, ujar H. M. Abdillah.

    “Kegiatan touring ini diikuti oleh anggota Senkom Kota Padang dengan antusias, karena sejak masa pandemi covid-19 kita jarang sekali berkumpul, sehingga selain untuk kegiatan wisata ini juga merupakan ajang silaturahim”, lanjut Abdillah.




    Sementara itu Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Darto dalam arahannya pada saat apel keberangkatan menyampaikan agar selama di jalan iring-iringan touring tetap memperhatikan pengguna jalan yang lain,  "jangan arogan, jangan bleyer-bleyer gas, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan jaga kecepatan sesuai arahan pimpinan rombongan,” ujar Kompol Darto.




    Setelah sampai di Kawasan Wisata Pantai Mandeh, selain kegiatan keakraban dan outbond juga dilaksanakan kegiatan bersih-bersih kawasan sekitar pantai.  Kompol Darto beserta jajaran Satbinmas Polresta Padang yang mengikuti acara ini dan seluruh peserta touring Senkom bergerak menyisir dan mengumpulkan sampah yang ada disekitar kawasan pantai dan tempat ibadah yang ada disana. "Mari kita kumpulkan dan bersihkan sampah-sampah yang ada  di sekitar pantai ini," ajak Kompol Darto.

    Kemudian kegiatan touring di lanjutkan sampai ke Kawasan Panorama Puncak Mandeh yang terkenal dengan kemiripan pemandangannya seperti Raja Ampat di Papua. Kawasan Wisata Mandeh ini telah menjadi salah satu daerah pariwisata andalan di Sumatera Barat.

    Setelah itu rombongan touring mengarah kembali ke Padang lewat jalur Tarusan menuju finish pemberhentian terakhir kembali di Kantor Senkom Kota Padang.

    Dalam apel penutupan, H.M. Abdillah Ketua Senkom Mitra Polri Kota Padang sekaligus penanggung jawab kegiatan  melaporkan bahwa seluruh peserta telah kembali dengan jumlah yang lengkap, tidak ada halangan yang berarti selama kegiatan touring ini. "Terima kasih kami ucapkan kepada Kapolresta Padang melalui Kompol Darto dan jajaran SatBinmas Polresta Padang yang telah bersedia berpartisipasi dan mengawal  kegiatan ini mulai dari start, kegiatan di lokasi dan  sampai mengantarkan kembali finish di Kantor Senkom ini," ujar H.M. Abdillah.

    Sementara itu Kompol Darto Kasat Binmas Polresta Padang juga menyampaikan hal senada. 

    “Alhamdulillah dari pagi kita berangkat sampai kembali sore ini semua lengkap dan sehat walafiat semuanya. Kegiatan hari ini kita melakukan outbound, permainan sepakbola, bersih-bersih pantai dan sedikit tali asih berupa sembako kepada masyarakat yang ada di kawasan tersebut, walaupun itu tidak banyak mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi yang menerima nya,” ujar Kompol Darto.




    Selanjutnya Kompol Darto juga berpesan  akan adanya Pilkada Sumbar, agar bersama-sama seluruh anggota Senkom dapat memasang mata, telinga dan pikiran. Jikalau ada di lingkungan terutama yang menyangkut Harkamtibmas, ada yang ingin berbuat aneh-aneh tidak sesuai kaedah agama agar dilaporkan kepada RT/RW atau Lurah, Bhabinkamtibmas atau Babinsa agar kejadian yang mengganggu Harkamtibmas itu tidak terjadi lebih besar dan bisa diredam dan diselesaikan segera.

    "Kami harapkan partisipasinya dari rekan-rekan Senkom untuk menjaga Harkamtibmas di lingkungannya masing-masing,” pinta Kompol Darto.

    Kompol Darto juga mengapresiasi seluruh peserta Touring Senkom.

    “Kami saksikan cukup tertib dan tidak ada pelanggaran yang dilakukan, dan kami ingatkan kembali bahwa Polri sampai tanggal 5 Agustus 2020 ini melaksanakan Operasi Patuh, sampaikan kepada keluarga, saudara dan lingkungan sekitar kita, mari kita patuhi, lengkapi semua surat-surat kendaraan, pasang spion lengkap, pakai Helm SNI dan patuhi semua aturan lalu lintas”, pesan Kompol Darto.

    Tak lupa, Kompol Darto juga mengingatkan agar dalam masa pandemi covid-19 ini  sama-sama mejaga kesehatan, melaporkan jika ada yang sakit ke dinas kesehatan dan instansi terkait agar dapat ditangani segera. “Ingat, kota Padang ini masih cukup tinggi tingkat penyebarannya, patuhi protokol kesehatan, dan kita berdoa semoga covid-19 ini segera berakhir,” tutup Kompol Darto.

    Turut serta mengikuti kegiatan touring ini Ketua Senkom Sumbar H. Noer Hidayatullah dan Ketua Pembina Senkom Sumbar H. Muchfiandi.

    H. Noer Hidayatullah dalam pesan penutupnya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolresta Padang dan segenap Jajaran Satbinmas Polresta Padang yang telah mengawal kegiatan ini dari awal sampai akhir.

    “Saya juga apresiasi kepada Ketua Senkom Kota Padang yang telah sukses mengadakan kegiatan touring ini, memupuk silaturahmi dan kebersamaan sesama anggota di masa pandemi,  mudah-mudahan ini bisa dicontoh oleh Senkom di Kab/Kota lainnya di wilayah Sumbar,” ujar H. Noer Hidayatullah.

    “Apa yang bisa kita lakukan, kebaikan di manapun juga, kita lakukan sekecil apapun itu, khususnya untuk bersinergi dengan Polri dalam rangka menjaga Harkamtibmas”, tutup H. Noer Hidayat.

    Kegiatan touring Senkom Rider Chapter Kota Padang tahun 2020 diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dengan rincian kendaraan berupa 62 kendaraan roda dua, 3 kendaraan roda 4 Senkom, 1 Kendaraan Roda 4 Satbinmas Polresta Padang dan 1 Bus Mobil Penyuluhan Satbinmas Polresta Padang. Rute touring yang diambil adalah di mulai start Pukul  07.30 WIB dari Kantor Sekretariat Senkom Mitra Polri Kota Padang Jl. M. Yunus, Surau Balai, Anduring - Jl. St. Syahrir - Teluk Bayur - Sungai Pisang - Mandeh - Tarusan – Teluk Bayur – Jl. By Pass Padang  - berakhir kembali sampai ke Kantor Senkom Kota Padang  dengan total jarak yang ditempuh sekitar 130 km PP. [L]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Satbinmas Polresta Padang Kawal Touring Senkom Rider ke Mandeh Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top