• Latest News

    Humanis dan Dialogis, Patroli Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kelurahan Kayuringin Jaya



    LUGAS
    | Kota Bekasi
    - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi terus berupaya dalam pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Bekasi.

    Lurah Kayuringin Jaya, Ricky Suhendar, dalam pengarahan saat Apel pagi di halaman kelurahan Kayuringin jaya Kamis (24/9) menyebutkan, salah satu upaya yang sedang dilakukan saat ini adalah pendisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.



    "Kita dorong masyarakat supaya disiplin menjalankan protokol kesehatan. Kita adakan patroli dan uar-uar untuk mendisiplinkan warga," ujar Ricky.

    Lanjutnya, "itu salah satu upaya yang harus kita lakukan,  karena masih saja ada warga yang bandel sengaja tidak memakai masker dan masih kegiatan kumpul-kumpul tanpa memperhatikan protokol kesehatan."

    Ricky bersama jajarannya dalam melakukan pendisiplinan terhadap warga tetap dengan secara humanis namun tegas.

    "Hari ini kita uar-uar keliling wilayah, dan dalam pelaksanaanya supaya tetap dengan cara yang humanis,  jangan pakai kekerasan atau anarkis dilapangan,  apabila melihat tidak pakai masker, hentikan arahkan dan suruh balik kanan ambil masker baru bisa beraktifitas lagi," kata Ricky.



    Dalam melaksanakan tugas, lurah Ricky juga keras menemukan warga yang bandel.

    "Banyak warga yang kontra dengan kita, badheg banget susah diatur, tapi sebagai aparatur harus loyalitas dengan pimpinnan,  laksanakan kegiatan sesuai scehdule yang telah di \tentukan," terang Lurah Ricky Suhendar.

    Dalam kegiatan itu, aparatur kelurahan didukung pihak puskesmas dan pemadam kebakaran memberikan himbauan kepada masyarakat yang ditemui tentang perilaku hidup sehat. Lurah melalui pengeras suara berpesan kepada warganya untuk tetap mematuhi peraturan dan himbauan dari pemerintah.

    “Bapak-bapak, ibu-ibu ikuti apa-apa yang ada dalam edaran Pemkot Bekasi, mari kita sama-sama mencegah penyebaran wabah corona covid -19 di wilayah kayuringin jaya!" Seru Lurah Ricky melalui pelantang suara.

    Saat berkeliling melakukan uar-uar di  wilayah kelurahan Kayuringin Jaya, warga yang berkumpul diberikan pemahaman mengenai Covid-19 atau Corona. Selain itu, juga membagikan selebaran mengenai hidup sehat terutama pada warung-warung yang dijumpai.

    Kepala Puskesmas Perumnas 2 Kayuringin Jaya,  Ariska Agustina, menyampaikan bahwa sesuai instruksi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk menggiatkan,  menggembar-gemborkan lagi kegiatan 3M, yaitu  memakai masker,  mencuci tangan dan menjaga jarak.

    "Ini hal simpel untuk di sampaikan ke warga. Yang kita lihat  kedisiplinan masyarakat masih rendah,  oleh karena itu tugas kami menyampaikan ke warga untuk mencegah penularan, karena hanya dengan cara ini yang bisa dilakukan .Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas luar rumah demi mencegah penyebaran covid-19," terang Ariska.

    Puskesmas bergabung dengan Kelurahan melaksanakan patroli sekaligus woro-woro kepada masyarakat terkait dengan penyebaran wabah covid-19 agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

    "Kami berharap kepada warga untuk tetap waspada namun tidak panik dan kami berpesan apabila tidak ada hal yang mendesak untuk tetap di rumah,” kata Ariska.

    Ia meminta kepada masyarakat untuk tetap pro aktif dalam mencegah penularan wabah virus Corona atau Covid-19. "Kami tetap berkoordinasi dengan warga dan aparatur pemerintah dalam hal ini kelurahan untuk tetap memantau warganya," ujar Ariska.

    Patroli dialogis yang humanis dilakukan agar kedisiplinan yang diharapkan dapat terlaksana berkat kesadaran masyarakat. Bukan karena merasa dipaksa.


    Reporter: Agus Wiebowo | Editor: Mahar Prastowo

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Humanis dan Dialogis, Patroli Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kelurahan Kayuringin Jaya Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top