Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Surya Pandawa Jok Utamakan Kepuasan Pelanggan dengan Home Service


LUGAS
| Kota Bekasi
- Layanan bermacam usaha dengan pelayanan home service sedang naik daun. Berbagai faktor mulai dari kemacetan, kesibukan yang tinggi, hingga alasan kenyamanan dan keamanan membuat banyak konsumen lebih memilih layanan jasa atau produk yang bisa dipanggil ke rumah.

Menyadari adanya kebutuhan konsumen yang  demikian, para pelaku usaha dari berbagai bidang bisnis mulai ramai-ramai menyediakan jasa layanan home service.

Salah satu layanan home service diterapkan dalam bidang jasa modifikasi jok mobil. Dulu mayoritas penyedia jasa modifikasi jok mobil melakukan usahanya di dalam suatu bengkel. Para konsumen membawa mobilnya ke bengkel dan meninggalkannya selama berhari-hari.

Namun, tidak semua kalangan konsumen merasa tenang meninggalkan mobil kesayangannya di bengkel modifikasi jok. Sebagian kalangan merasa lebih nyaman jika proses pengerjaan jok mobil dilakukan di rumahnya sendiri.

Kini sebagian pelaku usaha mulai menyediakan jasa layanan home service sebagai strategi bersaing, seperti yang diterapkan oleh Suryono, pebisnis modifikasi sarung jok mobil dengan nama Surya Pandawa Jok, saat ditemui LUGAS di kantornya, Surya Pandawa Jok, Jalan Raya Jatiasih Jumat (4/12/2020).

Menurutnya, para klien (konsumen) yang ingin memasang sarung jok dapat datang langsung ke bengkelnya di Pondokgede,   Jatiasih,  Kalimalang dan Klaten.  "Namun bagi klien yang tidak punya waktu banyak, bisa memesan jok mobil lewat telepon atau bahkan memanggil untuk datang ke rumahnya," ujar Suryono.

“Kelebihan kami selain karyawan yang sudah berpengalaman, proses pemasangan jok mobilnya juga dapat dilakukan di tempat klien. Saat ini layanan ini kami berikan untuk semua konsumen yang wilayahnya bisa kami jangkau, Selain saat ini kami berikan diskon, pastinya bergaransi,  kami juga aktif adakan komunikasi before-after," terangnya.

Disinggung masalah biaya,  menurutnya bervariasi tergantung tingkat kesulitan model serta bahan yang digunakan. Dia menceritakan saat ini sudah ada banyak model desain sarung jok mobil yang diproduksi dengan varian motif dan bahan.

Tak hanya membuat jok mobil sesuai pesanan, Surya Pandawa Jok juga membuat produk-produk jok untuk stok, guna memenuhi permintaan pasar khususnya kalangan yang tidak ingin repot-repot menunggu pemasangan jok sampai berhari-hari serta untuk memenuhi permintaan luar kota.

Surya Pandawa jok melayani jual beli, tukar tambah,  modifikasi, interior, cover,  serta service berbagai macam jok mobil original maupun lokal segala type baik baru maupun seken.

Selain mengandalkan keragaman motif dan layanan tersebut, Suryono juga memberikan garansi kepada konsumen. Dia menjamin keaslian bahan yang digunakan dan bahkan berani memberikan ganti rugi jika klien merasa tidak puas dengan keaslian produk.

Suryono mengandalkan media sosial seperti Instagram, Facebook,  Youtube untuk mempromosikan bisnisnya kepada kalangan yang lebih luas.

Untuk memperbesar kapasitas produksi serta mempercepat waktu pengerjaan tiap jok, Suryono berencana menambah teknisi.

Dia paham saat ini, ditengah persaingan yang semakin ketat, kalangan konsumen juga semakin menuntut proses pengerjaan yang cepat dan tetap berkualitas.

Suryono yang punya prinsip menjalani hidup seperti air yang mengalir,  meyakini dengan  bekerja diniati ibadah disertai doa, semua akan jadi lancar. Termasuk yang dia praktikkan dalam menjalani usaha yang ditekuninya ini.

Lelaki beranak 5 ini dalam laju perusahaanya  kepada karyawan menekankan saling memahami hak dan kewajibanya.


"Saya menekankan pada karyawan saling mengerti hak dan kewajiban,  ketika mau kerja ya punya komitmen,  saling tolong menolong,  membantu,  saling mengerti, ada masalah harus diselesaikan," ujar Suryono.

Intinya dalam pekerjaan jasa maupun penjualan yang terpenting adalah kepuasan konsumen,  "kalau konsumen yang sudah mengeluarkan biaya, mereka puas itu satu keuntungan kita,  juga merupakan doa mereka kepda kita,  sehingga kita sukses dan uang itu berkah," tutur Suryono.

Itu sebabnya ia tekankan bahwa  antara karyawan dan pemilik supaya saling mengerti, saling terbuka dan apabila ada masalah dapat diselesaikan dan saling membantu.


Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo