Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Dishub Kota Bekasi Gelar Rapid Test Swab Antigen di Terminal Kayuringin


LUGAS | Kota Bekasi - Sebanyak 50 penumpang, pengemudi bus, staf terminal dan pelaku usaha di Terminal Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan Kota Bekasi menjalani rapid test swab antigen, Senin (1/2/2021) per pukul 08.00 WIB. Alurnya petugas mendata dulu para penumpang dan pengemudi yang akan menjalani pemeriksaan rapid test swab antigen. Semua tampak mengantre dengan menjaga jarak dan tertib menunggu giliran dipanggil.

Setelah nama mereka dipanggil, petugas mengarahkan ke posko pemeriksaan. Dokter pun langsung mengambil sampel di hidung dan mulut.

Setelah itu, penumpang meninggalkan posko dan kembali duduk di ruang tunggu terminal sambil menunggu hasil tes diterbitkan.

Kepala Terminal Kayuringin Bandara, Permana Latuharhary menuturkan, pihaknya bersama puskesmas menyediakan 50 test kit swab test antigen. "Hari ini  50 dulu karena Senin ini sepi, adapun yang ramai biasanya hari Sabtu dan Minggu.  Dan ini akan berlangsung terus," jelas permana kepada LUGAS, Senin (1/2/2021).

Kepala Terminal Kayuringin Bandara, Permana Latuharhary membagikan masker kepada penumpang bus, Senin (1/2/2021)


Permana mengatakan bahwa kami hanya sebagai penyelenggara, "ini arahan dari Badan Transportasi Jakarta, kami diperintahkan diharuskan tes rapid antigen untuk terminal tipe A maupun tipe C, dan ini memang ada SK Menteri. Pemeriksaan dilakukan secara mengacak dan merandom apa yang ada di sini.  Petugas melakukan pengecekan dokumen terhadap penumpang dan pengemudi,  staf terminal dan juga semua yang sehari-hari bekerja di terminal termasuk driver taxi, ojek yang biasa mangkal di terminal kayuringin, termasuk para penjual makanan di warung di dalam terminal dan juga pegawai dishub," terang Permana.

"Untuk pengecekan kita lakukan semua, pengecekan yang berangkat Kebandara maupun yang tiba, kita lakukan swab test oleh pihak terminal bekerja sama dengan pihak dari Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Perumnas 2 Kayuringin Jaya," ucapnya.

Kasat Lantas AKBP.Agung Pitoyo, di lokasi rapid test Antigen di terminal kayuringin menyampaikan harapanya pada masyarakat.

" Kegiatan ini kami bersama sama dengan rekan-rekan TNI, Dishub, Polri, Puskesmas. kegiatan dalam rangka rapid test antigen dan juga bagi-bagi masker. Kegiatan ini akan berkelanjutan, besok kami juga di terminal induk. Harapan kami masyarakat disiplin dalam protokol kesehatan, terutama penggunaan masker, menjaga jarak, cuci tangan dan sebagainya," ujar AKBP. Agung Pitoyo.



Herry Saiful Bahri warga BTN Narogong yang sehari-hari mangkal di terminal Kayuringin sebagai driver taxi mitra Damri,  mengatakan bahwa dengan adanya rapid test antigen gratis ini ia merasa  senang dan berharap berkelanjutan.

"Alasan masyarakat tidak mau rapid test karena harus bayar, bagi yang punya uang itu tidak masalah, tapi bagi yang pas-pasan pastinya akan berpikir ulang, untuk biaya rapid test atau untuk beli kebutuhan dapur. disitulah kalau tidak menjaga protokol kesehatan akan terpapar, makanya harapan saya rapid test gratis seperti ini berkelanjutan."ujar Herry.

Drg.Ariska Agustina, kepala Puskesmas Perumnas II Kayuringin Jaya usai giat rapid test antigen menyampaikan benar bahwa pihaknya bersama Dishub mengadakan swab antigen.

"Dinas Perhubungan selaku pengelola terminal Kayuringin hari ini mengadakan swab test antigen, dan kami pihak puskesmas memfasilitasi tenaga kesehatannya, hari ini kami satu tim terdiri 4 orang dari puskesmas, dokter, analis  bidan dan tim administrasi. Dan dari 50 alat, 50 swab antigen,  semua hasilnya non reaktif," terang drg. Agustina.

Selanjutnya ia berpesan kepada masyarakat kalau tidak perlu sekali untuk bepergian keluar rumah, sebaiknya tetap di rumah, dan setelah beraktifitas dari luar rumah sebaiknya bersihkan diri dulu sebelum berkumpul dengan keluarga, untuk mencegah proses pemularan dan menekan angka penularan di klaster keluarga. 


Hadir dalam Rapid test swab antigen di terminal Kayuringin, Permana Latuharhary, Kepala terminal Kayuringin Bandara dan anggota. Dari Polrestro Kota Bekasi Kasatlantas AKBP. Agung Pitoyo, Kanit Dikyasa Polrestro Kota Bekasi AKP Sri Indira P, S.Sos, M.M beserta anggota dan dari TNI Kodim 0507, serta Drg.Ariska Agustina kepala Puskesmas Perumnas 2 Kayuringin Jaya beserta tim.


Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar