Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kelurahan Kebon Pala Buka Posko PPKM Berbasis Mikro

Cegah Dini Lebih Ketat Agar Tak Menjadi Zona Merah Covid-19


LUGAS | Makasar, Jakarta Timur - "Pada prinsipnya kita akan mendata, jadi masing-masing RT itu harus mencatat kasus Covid-19 yang ada di wilayahnya masing-masing, nanti akan kita rekap di Posko PPKM yang ada di Kelurahan, tugasnya ketua gugus tetap seperti biasa menginformasikan dan mensosialisasikan kepada warganya terkait 3M, intinya untuk menekan kasus Covid-19, apabila wilayahnya masuk zona merah semua kegiatan akan dihentikan, dengan skenario pengendalian menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, isoman/terpusat dengan pengawasan ketat, menutup tempat ibadah, tempat bermain anak, tempat umum lainya kecuali sektor esensial, melarang kerumunan lebih dari 3 orang, membatasi keluar masuk wilayah RT sampai dengan pukul 20.00 WIB, meniadakan giat sosial di lingkungan RT yang timbulkan kerumunan dan berpotensi penularan," terang Lurah Kebon Pala, dr. Faisal Rizal, M.Kes., Senin (15/02/2021) dalam Rapat Virtual unsur 3 Pilar dengan para Ketua RW.

Dalam Rapat Virtual unsur 3 Pilar dengan para RW itu, sifatnya baru mensosialisasikan pembentukan Posko PPKM berbasis Mikro di Kelurahan Kebon Pala, dengan dihadiri Waka Polsek Makasar, Lurah , Ka. Puskesmas, Kasi Kesra, Bhabinkamtibmas, Babinsa, FKDM Kelurahan Kebon Pala, anggota Reskrim Polsek Makasar, serta FKDM Kecamatan Makasar.

Pada keesokan harinya, Lurah kemudian memanggil para Ketua RW untuk rapat secara teknis terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Ditingkat Desa/Kelurahan, yang  menjadi dasar pembuatan Posko PPKM berbasis Mikro di Kelurahan Kebon Pala.

Pembukaan Posko PPKM ini menindak lanjuti Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 107 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro serta Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Pembentukan Pos Komando (POSKO) Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Adapun mengenai zonasi, dijelaskan melalui Keputusan Lurah Kebon Pala Kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur  Nomor 19 tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Tingkat RT di Wilayah Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur.

Ada 4 kriteria zonasi pengendalian wilayah sebagaimana tertuang dalam Keputusan Lurah Kebon Pala Kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur  Nomor 19 tahun 2021 sebagaimana dibacakan Kepala Puskesmas Kebon Pala, dr Shinta.

Pertama,  Zona Hijau: Apabila tidak ada kasus Covid-19 di satu RT.

Kedua, Zona Kuning: Apabila terdapat 1-5 Rumah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam 1 RT dalam 7 hari terakhir.

Ketiga, Zona Orange: Apabila terdapat 6-10 Rumah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam 1 RT dalam 7 hari terakhir.

Keempat, Zona Merah: Apabila terdapat lebih dari 10 Rumah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam 1 RT dalam 7 hari terakhir.

Dengan berdirinya posko PPKM diharapkan persebaran Covid-19 di Kelurahan Kebon Pala lebih terkendali dan dapat dilakukan upaya-upaya pencegahan dini lebih ketat sehingga tidak menjadikan wilayah RT/RW di Kelurahan Kebon Pala sebagai zona merah.


Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar