Relawan Bersatu Kota Bekasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Swadaya


LUGAS | Bekasi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi dan Sejumlah relawan kemanusiaan ‘Relawan Bersatu’ Kota Bekasi menggelar penyemprotan disinfektan massal di sepanjang ruas Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, pada Kamis (2 April 2020) pagi.

Relawan gabungan yang berjumlah tidak kurang dari 150 orang berasal dari MDMC, Kokam, Pramuka Peduli, Squad, Covid-19 Busters, dan,  Tim Polres Metro Kota Bekasi, Polsek Bekasi Timur, Tagana, PMI, Alfatah Rescue dan Karang Taruna.

Koordinator PHL Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Karsono mengatakan, giat penyemprotan dilakukakan secara swadaya oleh berbagai kelompok relawan se-Kota Bekasi.

“Dengan aksi giat penyemprotan massal ini memang kita bersatu dengan relawan Kota Bekasi yang kita rencanakan kemarin swadaya bersama teman-teman,”kata Karsono.

Karsono lebih lanjut mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada warga Kota Bekasi agar korban Covid-19 tidak terus bertambah.

“Kita relawan peduli dengan masyarakat Kota Bekasi agar tidak bertambah lagi korban yang terkena Covid-19 ini,” Karsono menambahkan.

Sementara itu, Wildan selaku perwakilan Relawan Covid-19 Busters salah satu kelompok relawan yang turut bergabung hari itu mengungkapkan, perlu evaluasi lebih lanjut terkait banyaknya kendala di lapangan saat dilakukakan penyemprotan.

“Kekurangan tadi mungkin koordinasi dengan Dishub (Dinas Perhubungan). Tidak ada rekayasa lalu lintas, seharusnya kan ada rekayasa lalu lintas di-clearkan dulu dua jam sebelumnya,” kata Wildan.


Memang pantauan di lokasi penyemprotan nampak kemacetan panjang pasalnya masih banyak kendaraan dan warga yang berlalu lalang akibat masih banyak perkantoran dan toko yang buka.

Padahal sebelumnya, Pemkot Bekasi telah mengimbau agar seluruh kegiatan perkantoran di wilayahnya ditutup sementara waktu.

Imbauan itu dituangkan dalam surat edaran Wali Kota Bekasi, tentang penghentian sementara kegiatan perkantoran perusahaan atau usaha dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Nampaknya, banyak warga yang belum mengindahkan imbauan Wali Kota Bekasi tersebut untuk mengurangi aktifitas di luar rumah.

Reporter : Agus Wiebowo
Editor :  Mahar Prastowo


Tidak ada komentar