Terima Kunjungan DPD LDII Taliabu, Kepala Kantor Kemenag: Jangan Sampai Orang Mengira Kemenag Milik NU


LUGAS | Taliabu - Pengurus DPD LDII Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, berkunjung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Pulau Taliabu pada Selasa (05/10/2021).

Kunjungan pengurus  LDII Kabupaten Pulau Taliabu yang pertama ini, setelah dikeluarkanya SKT dari Kesbangpol beberapa minggu lalu, dilakukan dalam rangka silahturahmi juga meneruskan arahan maupun instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) serta menyampaikan program - program Pokok LDII.

Kunjungan dipimpin langsung Baharudin Ali Diane selaku ketua dan diikuti Pengurus harian lainya, diantaranya Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan diterima langsung oleh Kepala Kemenag Drs. H. Nazarudin Aly,  menyambutnya dengan akrab.

Sebelum menjelaskan semua perihal maksud kedatangannya Baharudin memperkenalkan diri dan diikuti pengurus harian lainnya yang turut bersamanya.

"Perkenalkan saya selaku ketua DPD LDII Kabupaten Pulau Taliabu dan ini pengurus harian lainya", ucap Baharudin sambil diikuti jajaran pengurus lainnya.

Lanjut Baharudin, "maksud kedatangan kami ini dalam rangka silaturahmi serta meneruskan instruksi Dewan Pimpinan Pusat agar selalu bisa bersinergi kapada pemerintah daerah setempat dalam hal ini tentunya Kementerian Agama Taliabu, yang mana bulan lalu kami juga sudah mendaftarkan Ormas ini di Kesbangpol untuk mendapatkan legalitas, diakui di pemerintah daerah."

"Alhamdulillah kita sudah terima SKT tentunya dengan berbagai persyaratan keabsaahan sebuah ormas," tambahnya.
 
Diungkapkan Baharudin, instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat sebagaimana hasil Munas diantaranya aktif dalam melaksanakan program kerja dan hasil munas yang tercakup dalam 8 klaster atau bidang yaitu:

1. Bidang Penguatan Bangsa.
2. Bidang keagamaan,  dakwah yang fokus membentuk manusia profesional religius.
3. Bidang Pendidikan, mewujudkan generasi TRI SUKSES.
4. Bidang ekonomi syariah, memelopori koperasi syariah,BMT,dab UB (Usaha Bersama).
5. Bidang Kesehatan, membanggakan tanaman herbal sebagai pengobatan alternatif untuk membantu program pemerintah menyehatkan rakyat.
6. Bidang ketahanan pangan, mendorong petani menggunakan teknologi tepat guna.
7. Bidang Energi terbarukan.
8. Bidang pemanfaatan teknologi digital 4.0.


"Setelah ini tentunya LDII akan selalu berkoordinasi dengan Kemenag Taliabu selaku pemerintah daerah sesuai program DPP membantu pemerintah, bekerja sama membangun bangsa," kata Baharudin.

Sementara  Kepala Kemenag Drs. H. Nazarudin Aly, merasa berterimakasih sudah didatangi jajaran pengurus LDII.

"Tentunya kami selaku pemerintah merasa sangat berterimakasih atas kunjungan pengurus LDII. Memang kami sudah lama mendengar tentang LDII, dan itu baru tahu dari luarnya bahkan juga pernah dikasih tau bahwa di situ masjid LDII," ujarnya sambil menunjuk masjid yang tidak jauh dari kantor Kemenag sembari berkelakar menunjukkan keakraban.

Menanggapi hal itu Baharudin menyahut sembari meluruskan bahwa tidak ada istilah Masjid LDII.

"Bukan Pak Haji, di situ masjid umum, siapa saja boleh pakai. Setiap sholat lima waktu banyak yang hadir bukan hanya warga LDII. Hanya saja masjid itu dibangun oleh warga LDII," terang Baharudin.

Nazarudin Aly berharap setelah ini agar selalu ada keterbukaan, saling menjaga kerukunan, agar tidak timbul kekacauan dalam kehidupan beragama.

"Mungkin setelahnya ini kami juga akan libatkan LDII disetiap acara besar agama seperti dalam menentukan jadwal hilal bulan puasa maupun menentukan satu syawal maupun ukuran zakat. Jadi nanti tidak hanya orang NU saja," ucap Nazarudin Aly.

"Jangan sampai orang mengira kalau Kemenag ini milik NU," kelakar Nazarudin Aly.






Laporan Bima Sumpono,
Editor: Mahar Prastowo

Tidak ada komentar