Lurah Pekayon Jaya Himbau Warga Tetap Disiplin Prokes dan Waspadai Dampak Musim Hujan


LUGAS | Kota Bekasi - Saat ini hasil menggembirakan dapat dirasakan warga seiring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini disampaikan Rahmat Jamhari, lurah Pekayon Jaya di kantornya, Jalan Raya Pulo Ribung, Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan,  Kota Bekasi,  Rabu (3/11/2021)

"Dengan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan yang ketat alhamdulillah hasilnya baik dan bisa dirasakan, tetapi juga jangan lengah, bagaimanapun saat ini masih pandemi Covid-19,  sehingga kebiasaan memakai masker,  menjaga jarak dan menjalankan hidup bersih harus tetap dilakukan,"  tegas Rahmat Jamhari.

Selain pengembangan perilaku adaptasi masyarakat dimasa pandemi melalui protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi), di kelurahan Pekayon Jaya juga ada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi dalam hal ini UPTD Puskesmas Pekayon Jaya dan pihak lainnya.

"Percepatan penanganan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan, dengan demikian penyebaran covid-19 bisa ditekan," ujar Rahmat.
 
Lurah yang dikenal ramah ini juga mengingatkan warga untuk hati-hati penyakit yang rawan muncul pada musim hujan.

"Masyarakat kami himbau untuk waspada karena berbagai penyakit biasanya datang saat musim hujan. Ada beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan, beberapa dapat diobati dengan mudah, beberapa harus dengan perawatan rumah sakit atau jika tidak, dapat berakibat fatal. Genangan air atau banjir air yang kotor sering jadi penyebab dari penyakit yang muncul saat musim hujan, misalnya penyakit-penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk yang berkembang biak di genangan air," terangnya.

Dikatakannya jajaran Kelurahan Pekayon Jaya menggerakkan kerja Bakti, selain itu melakukan fogging atau pengasapan di sekitar pekarangan dan permukiman warga. Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi adanya penderita serta untuk memutus mata rantai penularan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Rahmat Jamhari, Lurah Pekayon Jaya mengimbau agar seluruh warganya menjaga kebersihan lingkungan dengan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, serta meningkatkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus (Menguras bak air, Menutup tempat penampungan, dan Mendaur ulang barang bekas, Plus pencegahan lainnya).

"Warga masyarakat untuk menjaga kebersihan, menjaga pola hidup sehat. Kita lakukan fogging fokus terhadap lingkungan serta rumah warga, meski disaat pandemi Covid-19 petugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik) juga perlu terus menggencarkan sosialisasi pencegahan DBD," ujarnya.

“Kami minta agar para kader Jumantik untuk terus berkeliling mengingatkan warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama mencegah adanya jentik nyamuk,” pungkas Rahmat Jamhari.


Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

1 komentar

Anonim mengatakan…
Siap pak lurah