Mas Tri Sebut Kowilmur Potensi Informasi dan Deteksi Dini yang Harus Diberdayakan


LUGAS | Kota Bekasi - Komando Wilayah Jatimakmur (Kowilmur) merayakan hari jadi atau ulang tahun pertamanya, Sabtu (20/11/2021)  di Gedung Balai Rakyat Perumahan Bukit Kencana I Jalan Raya Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi.

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono hadir dan ikut memotong tumpeng. Sosok yang akrab disapa Mas Tri ini juga menerima rompi kehormatan dari Korwilmur yang dipakaikan oleh Rachmat Pramukty selaku ketua Forum RW yang juga ketua FKDM Kecamatan Pondokgede.

"Saya ucapkan selamat hari ulang tahun Kowilmur yang kesatu, semoga selalu bermanfaat untuk warga masyarakat, terutama dalam memberikan keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas, karena tidak hanya menjadi urusan Polri, TNI dan pemerintah daerah saja, namun kamtibmas adalah urusan dan tanggungjawab bersama," ucap Mas Tri.

"Saat ini peran aktif masyarakat dalam deteksi dini sangat diperlukan, kita tahu sekarang bagaimana dengan tingkat pencurian, kemudian tawuran," kata Mas Tri.

Sambungnya, "dan yang paling penting adalah bagaimana agar tidak terjadi hal-hal yang kemudian terjadinya radikalisme dan kemudian paham-paham yang tidak baik."

Diungkapkan Mas Tri, Kowilmur merupakan salah satu potensi masyarakat  yang harus diberdayakan sebagai garda terdepan dalam informasi.

"Potensi masyarakat  yang harus kita berdayakan. Mereka adalah merupakan Garda terdepan di dalam rangka memberikan informasi. Dan kalau ini dilakukan secara bersama-sama secara gotong royong, kota Bekasi menjadi kota yang  baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,"  ucap Mas Tri memberikan apresiasi dan mengungkapkan harapannya.

Pada kesempatan yang sama ketua Forum RW Jatimakmur Rachmat Pramukty mengungkapkan Kowilmur merupakan program dari Forum RW yang bergerak dalam bidang sosial dan tanpa pamrih.

"Alhamdulillah walaupun kami baru berusia 1 tahun, Kowilmur sudah bergerak, sudah melakukan, bukan hanya diam. Kowilmur bekerja tanpa pamrih," ungkap Rachmat.

Lanjut Rachmat, "sebenarnya Kowilmur ini adalah program dari Forum RW, jadi kami buat Kowilmur itu untuk mensinergikan Jatimakmur yang luas ini, sebanyak 25 RW jadi satu, yaitu dibentuk wadah namanya Kowilmur."

"Wadah ini yang bener-bener bisa menyatukan. Itulah yang membuat pak wakil walikota sangat apresiasi  terhadap kegiatan masyarakat yang bertujuan untuk pengamanan keamanan pengayoman dan pelayanan masyarakat," ungkap Rachmat Pramukty.

Ditambahkan Rachmat, selain tupoksi pelayanan, pengamanan dan pengayoman dengan slogan Siap Siaga Ada, Kowilmur  juga ada tupoksi bidang sosial.

"Seperti saat ada bencana kita membantu. Membantunya adalah mencegah, menanggulangi dan memberikan bantuan pada warga-warga yang membutuhkan," jelas Rachmat yang juga ketua FKDM Kecamatan Pondokgede.

Ketua Forum Pemuda Jatimakmur, Sandi Permana, yang hadir pada acara peringatan hari jadi satu tahun Kowilmur menyampaikan ucapan selamat serta harapanya.

"Selamat dan sukses, semoga Kowilmur semakin besar, aktif dan  selalu bermanfaat untuk warga Jatimakmur," ucap Sandi.

Ketua Kowilmur, Basori, mengungkapkan spirit yang mendorong eksisnya  Kowilmur tak lepas dari ihwal terbentuknya yang merupakan inisiatif para anggota di dalamnya, dengan kesadaran sendiri disertai keikhlasan.

"Tujuannya adalah mendukung dan siap selalu bersinergi pada yang terkait dalam hal ini Forum RW, Kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Bentuknya adalah apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Jatimakmur khususnya dalam membantu melayani dan mengayomi masyarakat di wilayah Jatimakmur," terang Basori.

“Kami Kowilmur Jatimakmur akan siap membantu dan mengedepankan kerja sosial untuk masyarakat dengan bersinergi bersama Forum RW, Kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas," ujar Basori.

Di hari jadi pertama alias baru setahun ini Basori berharap Kowilmur dapat tetap berjalan dengan lancar dan didukung oleh masyarakat supaya bisa maju terus.

Menjadi garda terdepan dalam melayani dan mengayomi serta membantu pengamanan di wilayah jatimakmur, selaras dengan yang disampaikan Koptu Wahyudi, Babinsa Jatimakmur.

"Keberadaan Kowilmur sangat membantu tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas," ucap Koptu Wahyudi.

Peringatan HUT ke-1 Kowilmur, selain diisi dengan doa syukur, potong tumpeng dan hiburan pencak silat juga diisi dengan santunan anak yatim.


Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

Tidak ada komentar