Warga Kuala Betara Antusias Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW


LUGAS | Kuala Betara, Tanjabbar -  Masyarakat muslim di kecamatan Kuala Betara Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi begitu antusias menyambut bulan rabiul awwal atau maulid yang merupakan bulan dimana Rasulullah Muhammad SAW dilahirkan.

Sebagai wujud kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW tersebut dalam sepekan digelar dua peringatan maulid yaitu bertempat di Surau Al-Amin Parit Palembang RT005, Kelurahan Betara Kiri pada Senin (25/10/2021) atau 18 Robiul Awal 1443H.


Kemudian peringatan maulid Nabi  Masjid An-Nur Parit Deli Kecamatan Kuala Betara, pada Selasa (02/11/2021) atau 27 Robiul Awal 1443 H.

Ustad Said selaku panitia peringatan maulid  di Surau Al-Amin mengungkapkan penceramah dalam hal ini Ustad Kasyful Anwar mengajak kepada para jamaah yang hadir di acara Maulid Nabi Muhammad SAW di bulan Rabiul Awwal ini agar memeperbanyak  membaca Shalawat Nabi dan mengucapkan salam kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

"Inti dari semua yang disampaikan penceramah adalah agar kita memperbanyak membaca shalawat agar kelak mendapat syafaat Rasulullah," ucap ustad Said.


Sementara itu penceramah lain, Ustadz Fakhrur Razi menyampakan ada 4 hal untuk mengingatkan kita dalam masa hidup ini, salah satunya adalah kematian.

"Mati adalah barang pasti, dan ada pula ciri-ciri meninggal husnul khatimah dan su'ul khatimah," ujar Ustad Fakhrur Razi.

Diterangkannya, diantara ciri-ciri orang meninggal husnul khatimah ialah mengeluarkan keringat di jidat, mengeluarkan air mata dan hidungnya membesar.

"Yang kedua meninggal su'ul khatimah, meninggalnya menerima siksaan dari Allah SWT, badan si mayit tadi ada tanda hitam," jelas Ustad Fakhrur Razi.

Ditengah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini camat Kuala Betara Herry Putra Syam memberikan kabar gembira kepada warga akan adanya bantuan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di kelurahan Betara Kiri sebanyak 30 unit, untuk memerangi jalan sepanjang permukiman menuju  ke Puskesmas.


"Karena itu disampaikan kepada masyarakat bila ada ranting atau pohon yang dekat kabel listik segera dipotong biar tidak mengganggu aliran kabel listrik," ujar Camat.

Sementara itu Fathurrahman selaku ketua panitia dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Parit Palembang yang telah meramaikan acara dengan menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kami pribadi minta maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak-bapak dan ibu-ibu tamu undangan, saya minta maaf yang sebesar- besarnya," tutup Fathurrahman.

Acara dihadiri oleh Camat Kuala Betara, para ulama dan tokoh masyarakat, kelompok Yasin dan kelompok majelis taklim Al-Habsy.



Laporan Wanito, LUGAS Tanjabbar, Jambi
Editor: Mahar Prastowo



Tidak ada komentar