Hari Kesiapsiagaan Bencana, Senkom Jombang Turut Ramaikan Pawai Kendaraan BPBD


LUGAS | Jombang - Pawai kendaraan kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang dan stakeholder di halaman Kantor BPBD Kabupaten Jombang dilepas oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, pada Selasa (26/04/2022) pagi.

Jalur yang dilalui pada pawai tersebut diantaranya yakni, Jalan KH Wahid Hasyim, Jalan A Yani, Jalan RE Martadinata, Jalan Kusuma Bangsa, Jalan Dr Soetomo, dan berakhir di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Jombang.

Pasukan khusus kebencanaan ini melakukan pawai dengan mengendarai armada yang biasa digunakan dalam operasi kebencanaan di Jombang. Seperti mobil pemadam kebakaran (PMK), mobil rescue hingga mobil truk serbaguna.

Bukan hanya kendaraan milik BPBD Jombang saja yang pawai, namun kendaraan relawan yang ada di Kabupaten Jombang ikut serta juga, mulai dari Banser, Semar, dan Senkom Mitra Polri Jombang

Kegiatan pawai ini merupakan rangkaian dari acara puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2022 di Kabupaten Jombang.

Dalam Rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun ini, BPBD Kabupaten Jombang bersama stakeholder selain menggelar pawai kendaraan, juga melakukan latihan evakuasi mandiri dengan menggelar simulasi penanggulangan bencana dan bahaya kebakaran di Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.



"Kegiatan pawai ini merupakan rangkaian dari acara puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2022 di Kabupaten Jombang," kata Mundjidah.

Mundjidah menyampaikan apresiasinya kepada seluruh petugas BPBD yang selama ini sudah sigap menangani kejadian bencana di Jombang. Ia berharap, kejadian bencana tak lagi melanda kota santri.

"Budaya kesiapsiagaan bencana di masyarakat dalam menghadapi bencana kebakaran dan musibah lainnya dapat dimulai dari Aparatur Sipil Negara sebagai contoh dan teladan," ujarnya.

Bupati berharap rangkaian kegiatan kesiapsiagaan bencana yang dilaksanakan ini memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Sekaligus membangun semangat bersama untuk mewujudkan masyarakat Jombang yang berkarakter dan berdaya saing, yang tanggap, tangkas dan tangguh menghadapi bencana,” pungkasnya.


Laporan M. Azis

Tidak ada komentar