Kadis PMD Muaro Jambi Buka Pelatihan Penyusunan RPJMDES


LUGAS | MUARO JAMBI - Sebanyak 5 (lima) desa yang tergabung dalam wilayah kecamatan Bahar Utara kabupaten Muaro Jambi diantaranya desa Bahar Mulya, Markanding, Talang Bukit, Sumber Jaya dan Matra Manunggal mengikuti pelatihan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) yang dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Hotel Luminor Kota Jambi, pada tanggal 6-8 Juni  2022.

Penyusunan RPJMDES mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 dan diperjelas dalam Permendes PDTT Nomor 21 Tahun 2020.
 
Kepada 37 (tiga puluh tujuh) peserta pelatihan penyusunan RPJMDES Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Muaro Jambi Syaifulloh, S.Ag., berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.
 
“Penyusunan RPJMDES ini sangat penting sekali dilaksanakan oleh kepala desa yang baru dilantik beberapa bulan kemarin, karena dokumen RPJMDES ini nantinya akan menjadi pedoman desa dalam melaksanakan pembangunan untuk enam tahun kedepan," terang Syaifulloh.
 
Lanjut Syaifulloh, “saya yakin dan percaya bahwa tim yang tergabung di sini adalah benar-benar orang yang telah mengetahui keadaan wilayah desanya masing-masing, mulai dari daun yang gugur sampai ranting yang patah."
 
Oleh karena itu kepada tim RPJMDES Syaifulloh berharap agar dapat menggali aspirasi, potensi, saran, pendapat baik secara lisan maupun tertulis dari kelompok maupun individu melalui musyawarah di tiap-tiap dusun (Musdus).
 
Turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan tersebut Camat Bahar Utara, Ketua Forum Kepala Desa Bahar Utara, Pendamping Desa Kecamatan Bahar Utara dan Perangkat Daerah Bidang Pemberdayaan Masyarakat sekaligus sebagai nara sumber.


Laporan Toyib Abdillah

Tidak ada komentar