Bina FKPM Kasubditbinpolmas Polda Banten Turun ke Desa Dukuh Cikupa

LUGAS | Cikupa, Banten - Kasubdit Binpolmas Polda Banten AKBP Adi Chandra pada Rabu 20 Juli 2022,  tampak hadir di Aula Kantor Desa Dukuh Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Kehadirannya dalam rangka melaksanakan Pembinaan FKPM (Forum Kemitraan Polisi - Masyarakat).

Kegiatan pembinaan kepada mitra kepolisian ini dalam rangka sinergitas polisional Bhabinkamtibmas dan Forum Kemitraan Polisi - Masyarakat (FKPM) guna mewujudkan masyarakat yang memiliki kemampuan deteksi dini, cegah dini dan problem solving di wilayah hukum Polda Banten.

Mengingat perlunya dibentuk FKPM tingkat Desa, Kasubditpolmas Polda Banten AKBP Adi Chandra menyampaikan betapa pentingnya dibentuk FKPM tingkat desa guna untuk menjadikan masyarakat menjadi polisi dan memolisikan masyarakat.

"Manfaatnya adalah menjadi polisi bagi diri sendiri dan bisa membantu masyarakat yang lain di wilayah lingkup desanya," kata AKBP Adi Chandra.

Kasubditbinpolmas juga menerangkan mengenai struktur FKPM dan fungsional kerjanya dalam sinergi kemitraan dengan 3 (tiga) pilar di tingkat desa.

"Kami harap terbentuknya FKPM ini bisa bersinergi dengan tiga pilar tingkat desa antaranya kepala desa, bhabinkamtibmas dan bhabinsa desa tersebut," ucap AKBP Adi Chandra.

Kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan, AKBP Adi Chandra juga menyampaikan tentang Sentra Komunikasi (SENKOM) Mitra Polri yang sedang mengadakan Munas ke-4 di Pusdiklat Senkom pada usianya yang ke-18 tahun. 

Diungkapkan Adi Chandra diantara tugas Senkom adalah membantu polisi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lingkungannya seperti menyelesaikan perselisihan antar warga,mengantisipasi dini kamtibmas, menyelesaikan trouble solving yang ada di desanya, dan selalu sinergi dengan bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kapolsek Cikupa melalui Wakapolsek AKP Udiyano mengatakan pihaknya akan selalu memberikan arahan kepada seluruh FKPM yang ada di wilayah hukum polsek Cikupa.

"Nantinya bisa bersinergi dengan Kanit Binmas melalui Bhabinkamtibmas untuk selalu bersama-sama menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing desa," ucap Udiyano.

Adharudin selaku Kepala Desa Dukuh mengungkapkan pihaknya merasa senang dengan kedatangan Kasubditpolmas Polda Banten.

"Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini dan sangat merespon dengan adanya pembinaan dan pembentukan struktur organisasi FKPM Desa Dukuh," ucap Adharudin.

Sulardi, ketua Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kecamatan Cikupa mengungkapkan sangat mengapresiasi pembentukan FKPM tingkat desa ini.

"Harapan kami dengan terbentuknya struktur kepengurusan tersebut, desa Dukuh akan lebih maju dalam Kamtibmas dan dapat mengurangi angka kriminalitas, kasus KDRT dan sebagainya," kata Sulardi.

Kegiatan Pembinaan FKPM ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang, dan dihadiri antara lain Kasubdit Binpolmas Polda Banten AKBP Adi Chandra, Wakapolsek AKP Udiyano, Kanit Binmas Polsek Cikupa Iptu Jakariyanta, kepala desa Dukuh Adharudin, ketua Pokdarkamtibmas kabupaten Tangerang Yasmin beserta pokdar kecamatan Cikupa Jambrong, ketua Senkom Cikupa Sulardi, Ketua FKPM desa Dukuh Yahya, serta sejumlah anggota Senkom, anggota Pokdar dan Linmas desa Dukuh. (Huda)

Tidak ada komentar