Lansia Sekecamatan Makasar Peringati HLUN Tahun 2022


LUGAS | Makasar, Jakarta Timur - Di kecamatan Makasar, Jakarta Timur, peringatan HLUN pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 di aula kecamatan. 

Peringatan HLUN kecamatan Makasar, memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, dimana banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama Lanjut usia. Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana, membawa pengaruh yang besar terhadap eksistensi lansia terutama kawasan-kawasan yang mengalami bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi dan kebakaran, termasuk pandemi Covid-19.

Hal itu semakin memperparah kondisi lansia, sehingga banyak lansia terdampak dengan situasi tersebut, terutama dimasa pandemi sejumlah pengurus dan anggota FKLU kecamatan Makasar meninggal dunia.

Atas dasar hal itu, para lansia berharap negara hadir bersama stakeholders dalam penanganan masalah diatas, terutama di wilayah kecamatan Makasar.

"Sangat diperlukan perhatian pemerintah terhadap komunitas lansia, masyarakat senior ini agar tetap eksis dalam kebersamaan berbuat untuk bangsa ini semakin baik," ujar Zainal Abidin, ketua Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) kecamatan Makasar.

Zainal Abidin juga mengajak para lansia untuk tetap optimis dan tetap bermanfaat untuk diri sendiri dan juga untuk lingkungan dengan sehat dan tangguh dalam menghadapi suatu masalah.

"Jangan sampai hanya diam di rumah, karena kita sebagai manusia, sebagai makhluk sosial perlu sekali komunikasi dengan yang lain, juga menghindari supaya tidak pikun," ajaknya.

Dikatakan Zainal Abidin, imunitas bisa ditumbuhkan dari pertemuan silaturahim.

Ia merasa bersyukur sejauh ini pemerintah terutama DKI Jakarta juga sudah memberikan wadah untuk komunitas orang-orang lansia.

"Sangatlah wajar karena lansia adalah orang yang paling berjasa dalam membuat generasi muda yang lebih baik," ucapnya.

Lanjutnya, "kalau lansianya sehat, kalau lansianya memberikan tauladan yang baik, Insha Allah generasi penerusnya, putra-putrinya menjadi pemimpin bangsa yang baik."

Potensi masyarakat senior atau lanjut usia nasional, diungkapkan Tuhadiyanto dari FKLU Jakarta Timur, memiliki populasi 9,7 persen atau sekitar 25 juta jiwa lebih. 

Siska, Kasi Kesra kecamatan Makasar dan drg. Dara selaku kepala Puskesmas Makasar, keduanya menilai lansia di wilayah kecamatan Makasar cukup aktif. Baik dalam kegiatan sosial terutama dimasa pandemi dan juga rutin dalam pemeriksaan kesehatan.

Secara nasional, kehadiran Negara ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, dimana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lanjut Usia. Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada kementerian/lembaga terkait untuk mewujudkan lanjut usia Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat. 

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ditetapkan dan diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan hari di mana negara Republik Indonesia ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. Hal ini diinisiasi atas peran Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tangal 29 Mei 1945, sebagai anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. 

HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang. 




Laporan: Ida Farida, Agus Wibowo
Editor: Mahar Prastowo

Tidak ada komentar