Disaksikan Wagub DKI Ariza Patria, TransJakarta Teken MoU dengan Equipmake dan VKTR


LUGAS | Jakarta - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Equipmake Holdings Plc, sebuah perusahaan spesialis elektrifikasi kendaraan komersial yang berbasis di Inggris dan PT VKTR Teknologi Mobilitas.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Dirut Transjakarta M. Yana Aditya di kantor pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.



Hadir dalam acara penandatanganan MoU ini Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono dan CEO Equipmake Holdings Plc Ian D Foley.

Selain itu tampak Sekcam Kecamatan Makasar Ompu M. Taufik, Lurah kelurahan Kebon Pala Faisal Rizal beserta jajaran seperti Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Kebon Pala Sigit Priyono beserta staf, Kasatpol PP kelurahan Kebon Pala Johan Wahyudi, serta anggota FKDM Tedi Pareira. 
Nota kesepahaman ini  dalam rangka mempercepat peralihan dari penggunaan bus dengan mesin konvensional ke armada bus bertenaga listrik.

Cara ini diungkapkan Direktur Utama TransJakarta, M. Yana Aditya sebagai retrofit, yang juga sudah digunakan di berbagai negara.



"Untuk itulah Transjakarta mendatangani MoU dengan sebuah perusahaan Equipmake sebagai pemilik teknologi dan komponen retrofit dan Vektor sebagai pemegang lisensi yang akan memproduksi mesin retrofit,” kata Yana dalam keterangannya, Kamis (18/8/2022).

Dengan kerja sama tiga pihak ini, diharapkan dapat memenuhi target elektrifikasi 10 ribu bus Transjakarta pada 2030. Selain itu, kerja sama ini, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan manufaktur dalam negeri.


Sebagaimana diketahui, guna implementasi retrofit bus TransJakarta dari mesin konvensional ke listrik,  jauh hari sebelumnya PT Transjakarta telah secara resmi memperkenalkan bus listrik ke masyarakat DKI di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, pada Minggu (5/5/2019) silam.


(L)

Tidak ada komentar