Pameran dan Gelar Dagang Harganas 2022, UP2K RW 03 Kebon Pala Tawarkan Beragam Kreasi Cantik Daur Ulang Barang Bekas



LUGAS | Makasar, Jakarta Timur - Pameran dan Gelar Dagang UP2KA dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 digelar di BKKBN Pusat di Jl. Permata Jakarta Timur pada Hari Kamis, Jumat dan Sabtu tanggal 8,9 dan 10 September 2022. Berbagai produk dari kuliner, kria kerajinan tangan hingga fashion dijajakan oleh sejumlah pelaku UMKM binaan JakPreneur.

Salah satu UMKM peserta pemeran dan gelar dagang, ialah Kelompok Penggiat PKK Bidang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK RW 03 kelurahan Kebon Pala, kecamatan Makasar Jakarta Timur, yang dipimpin oleh Zuraidah Rizkyta.

Sebelumnya, pada Selasa 6 September 2022, beragam produk kreasi UP2K RW 03 Kebon Pala tersebut telah dipamerkan di Aula RT 001 RW 03 Kebon Pala dengan dihadiri Ketua TP PKK Kecamatan Makasar Maya Alatas, JakPreneur kecamatan Makasar, lurah Kebon Pala, para aktifis lingkungan dan kebijakan publik LSM FAKTA, kader PKK di kecamatan Makasar dan sejumlah pihak lainnya.

Mereka yang hadir dalam pameran saat itu dibuat terpesona dengan aneka produk kreasi dari bahan baku sampah atau barang bekas seperti galon, botol bekas hingga kantong plastik kresek. Tak ayal, banyak produk diborong oleh pengunjung.

Ketua TP PKK kecamatan Makasar, Maya Alatas, mengapresiasi upaya kreatif UP2K yang dapat menyulap barang-barang bekas seperti galon air, botol minuman dan bahan plastik lainnya menjadi rupiah.

Apresiasi juga disampaikan Ibu Maya Alatas atas kesediaan Ibu Zuraida yang berkenan dan menawarkan kepada UP2K di RW lain untuk belajar membuat aneka kreasi dari barang bekas, dan Ibu Zuraida sendiri yang jadi mentor.

Maya Alatas mendorong kedepannya akan ditingkatkan pelatihan lanjutan pasca produksi, seperti labelling dan packaging supaya lebih menarik minat calon pembeli. Lurah Kebon Pala Faisal Rizal, M.Kes mengungkapkan, kawasan RW 03 pada beberapa tahun lalu, dikenal sebagai kawasan kumuh. Tapi berkat kolaborasi Ketua RW 03 Agus Hermawan, ketua RT 001 Muhammad Nur, para kader dawis, Jumantik, dan PKK secara umum, kini kawasan kumuh itu telah menjadi percontohan bagaimana berubah jadi kawasan yang produktif dan terjadi ekosistem pertumbuhan ekonomi.


Maka tak heran, kata Pak Lurah, ketua RW 03 selain mendapat apresiasi sebagai ketua RW terbaik sekecamatan Makasar juga mendapatkan predikat RW terbaik dalam inisiatif penanggulangan penyebaran Covid19 dari Walikota Jakarta Timur Bapak M Anwar saat pandemi.

Ketua TP PKK kelurahan Kebon Pala, Popy Faisal, juga memberikan dorongan terus kepada para anggota UP2K dan kader PKK secara umum untuk mengembangkan diri, salah satunya dengan kreasi daur ulang seperti yang berbagai contohnya sedang dipamerkan.

"Dari RW lain supaya bisa belajar mengolah sampah atau barang bekas seperti di sini, apalagi Bu Zuraidah bersedia menjadi mentor," ujar Popy Faisal. 

Aneka produk kreasi yang ditawarkan UP2K RW 03 Kebon Pala antara lain kreasi cover lampu gantung dan lampu hias, bouquet, vas bunga hias untuk meja di ruang tamu maupun kantor, pot media tanam buah/bunga dalam pot (tabulampot), tempat minuman, tempat tissue, dompet, tas belanja dan lain-lain. Itu sebabnya booth stand pameran produk kreasi UP2K ini jadi target peninjauan oleh Camat Makasar Kamal Alatas.

Tidak ada komentar