RK Apresiasi Pesona Nusantara Bekasi Keren



LUGAS | Kota Bekasi - Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) sebagai apresiasi budaya nusantara dan momentum kebangkitan ekonomi nasional untuk Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. 

Pemerintah Kota Bekasi menggelar secara besar-besaran berbagai kreasi seni budaya  dari berbagai nusantara yang bertajuk "Pesona Nusantara Bekasi Keren"  Yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bekasi, bertempat di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, sabtu (10/9/2021) 

Acara dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Mohammad Guruh Irianto Soekarno Putra putra bungsu dari presiden pertama RI, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono bersama istri Wiwiek Hargono, segenap pejabat pemerintah Kota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki beserta jajaran, Dandim 0507/Bekasi Letkol Kav Luluk Setyanto beserta jajaran, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama, Staf Ahli Pemerintahan, para kepala Opd, para penggiat seni, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua ormas, dan segenap warga Kota Bekasi.

Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) dimulai dengan dibentangkan kirab merah putih dari area jalan Ahmad Yani menuju ke pintu gerbang Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, terdapat rangkaian dari barakuda dan para anggota paskibraka Kota Bekasi yang membawa sangat merah putih sepanjang 100 metermeter dengan lebar 6 meter. 

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, ungkapnya kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur dan bentuk cinta pada Pancasila.

"Kegiatan ini merupakan momentum bagi kita, sebagai bentuk rasa syukur kepada Illahi, sebagai bentuk pula kecintaan kita pada Pancasila, yang dimana selalu membela Indonesia, membela merah putih," Kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mengatakan tiga pesan yang disampaikan oleh Bapak Ir. Soekarno salah satunya ialah suatu wilayah harus memiliki budaya yang berkepribadian, kepribadian Nusantara, yang dalam hal ini ditunjukkan oleh Kota Bekasi bahwa Kota Bekasi merupakan Kota yang berkepribadian Nusantara.

"Pesan Ke tiga dari Bung Karno adalah suatu wilayah harus memiliki budaya yang berkepribadian, kepribadian Nusantara, dan saya melihat Kota Bekasi menjadi wadah kebudayaan Nusantara," Ucap Ridwan Kamil.

Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengatakan bahwa "Pesona Nusantara Bekasi Keren" Yang merupakan bagaian dari peringatan kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, juga mencakup berbagai pertunjukan tari tradisional dari sabang hingga merauke. 

Sebanyak 10.000 orang, termasuk siswa sekolah dan anggota sanggar-sanggar kesenian di Kota Bekasi terlibat dalam acara Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK). 

Tari Tortor dari Sumatera Utara, Tari Kecak dari Bali, Tari Saman dari Aceh, tarian khas suku Dayak, hingga ronggeng dan reog ditampilkan dalam ajang tersebut. Selain itu, ada pertunjukan musik tradisional angklung dan ukulele serta senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) 

"Pesona Nusantara Bekasi Keren sebagai apresiasi budaya Nusantara sekaligus momentum kebangkitan ekonomi nasional untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, karena Bekasi Rumah Kebangsaan, Rumah Nusantara," Kata Tri Adhianto. 

Tri Adhianto mengajak warga Kota Bekasi menyaksikan kekayaan seni dan budaya Nusantara diajang Pesona Nusantara Bekasi Keren. 


Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

Tidak ada komentar