Buka Perjusami Kwarran Tungkal Ilir, Kadisdikbud Tak Mau Ada Generasi Rebahan Akibat Game Online

LUGAS | Banyuasin – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tungkal Ilir menyelenggarakan Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami) di Bumi Perkemahan Tungkal Ilir. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin Aminuddin, S.Pd., S.I.P., M.M., pada Jumat (30/09/2022).

Aminuddin, S.Pd., S.I.P., M.M., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hadir mewakili Ketua Kwarcab Banyuasin. Dalam sambutan dan arahannya ia sangat tidak ingin para generasi yang ada menjadi generasi rebahan yang tersibukkan dengan game online di handphone.


“Saya sebagai leading sector kemajuan pendidikan yang ada di Banyuasin sangat tidak ingin para generasi yang ada di Banyuasin menjadi generasi-generasi rebahan yang tersibukkan dari game online yang ada di handphone,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi rangkaian kegiatan perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu yang diadakan oleh kwartir ranting tungkal ilir yang nantinya bisa menumbuhkan semangat anak-anak untuk melakukan segala aktivitas yang bernilai positif.
 

 
“Saya sangat mengapresiasi kinerja kwartir ranting Tungkal Ilir yang telah menyelenggarakan Perjusami ini yang nantinya mampu menumbuhkan rasa semangat kepada generasi-generasi kita untuk lebih semangat dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat," ujarnya.

Sebagai kepala dinas dirinya terus berupaya memajukan dunia pendidikan yang ada di Banyuasin dengan mewajibkan seluruh dunia pendidikan yang ada di Banyuasin untuk mendukung program prioritas bupati dan wakil bupati dengan melaksanakan gerakan-gerakan masyarakat yang bisa dilaksanakan didunia Pendidikan.

Adapun gerakan yang sudah dilaksanakan dileading sector pendidikan diantaranya Gerakan Simanis, Gerakan Menuntut Amal, Gerakan Menanam Sayur, Gerakan Peduli Sampah, Gerakan Gotong Royong. Dari 12 gerakan yang telah dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Banyuasin, separuhnya telah dilaksanakan di satuan pendidikan Banyuasin.

 
 
Ia juga menghimbau kepada adik-adik pramuka untuk dapat melaksanakan kegiatan dengan gembira tetapi penuh dedikasi, disiplin, tanggung jawab dan bersungguh sungguh.

Kepada para peserta kemah ia mengimbau agar mengikuti semua arahan dan perintah yang disampaikan oleh pembina, karena dalam pelaksanaan kemah ini memakan waktu selama tiga hari.

“Perkemahan ini tentu akan menguras tenaga juga pikiran, maka dari itu manfaatkan waktu istirahat yang nanti pembina berikan, laksanakan sesuai dengan yang diperintahkan sebaik-baiknya," harapnya.

Perjusami kwartir Tungkal Ilir diikuti oleh 830 orang terdiri dari Siaga (usia SD) 530 orang, Penggalang (SMP) 120 orang, Penegak (SMA) 80 orang, serta dari panitia dan dewan kerja ranting 100 orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter anggota pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung jawab, memiliki rasa peduli terhadap masyarakat, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan serta ajang temu bagi pramuka siaga, penggalang dan penegak sekwartir Ranting Tungkal Ilir.

Adapun jenis kegiatan lomba perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (perjusami) Lomba Senam Indonesia Bersatu Bersih Narkoba, Lomba kreasi Baris Berbaris / LKBB, lomba pionering dan hiking.

Turut hadir pada saat upacara pembukaan diantaranya Camat, Kapolsek, Danramil, Ketua Kwartir Ranting Gerakan pramuka Tungkal Ilir beserta andalan ranting dan dewan kerja ranting, para kepala desa selaku ketua majelis pembina desa se-Tungkal Ilir, kepala sekolah SD, SMP, SMA/SMK selaku kamabigus, pelatih dan pembina pramuka serta tamu undangan pecinta Pramuka Tungkal Ilir.


Laporan Mulyono,
LUGAS Banyuasin

Tidak ada komentar