Kapolsek Tungkal Ilir: Gulcana Perlu Kerjasama Lintas Sektor


LUGAS | Banyuasin - Sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, Polsek Tungkal Ilir menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, bertempat di Aula Kecamatan Tungkal Ilir , Kamis (27/10/2022).

Gulcana (penanggulangan bencana) tidak bisa dilakukan sendiri. Namun, saling bekerja sama dan berkoordinasi dengan lintas sektoral yang ada, serta melibatkan unsur-unsur dari masyarakat dan insan kebencanaan lainnya. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu R. Nugroho Panji P, S.H  saat memberikan sambutan  dalam  Rapat Koordinasi Lintas Sektoral  dalam Rangka Perizinan Hiburan/Keramaian, Mitigasi/Antisipasi Bencana Alam dalam Wilayah Tungkal Ilir.



“Akhir-akhir  ini musim penghujan sudah mulai dengan intensitas yang cukup tinggi dan memungkinkan terjadi bencana banjir. Mengantisipasi hal tersebut, diperlukan suatu koordinasi seluruh komponen aparat mulai dari Kepala Desa, Camat,   Polri,TNI,  Intansi terkait dan masyarakat untuk bergotong-royong menangani jika terjadi bencana yang bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja,” jelas Panji.

Panji menekankan, koordinasi antar lintas sektor yang terjalin dengan baik nantinya akan memudahkan komunikasi dalam penanganan bencana di lapangan, pihaknya Bersama unsur muspika dan elemen masyarakat tungkal ilir, akan membentuk beberapa zona untuk percepatan penanggulangan jika terjadi bencana alam, serta, agar tidak ada tumpang tindih atau saling lempar tanggungjawab. Pihaknya juga mendorong seluruh elemen  masyarakat untuk menumbuhkan kembali sifat gotong-royong di tengah masyarakat dan melakukan upaya-upaya pencegahan bencana banjir dengan tidak membuang sampah sembarangan, peduli dengan kondisi lingkungan setempat dan lain sebagainya.
“Koordinasi yang  terjalin dengan baik akan memudahkan  komunikasi dalam  penanganan bencana ketika di lapangan,  nanti juga akan kita bentuk zona zona agar lebih mudah lagi dalam penanganan dilapangan, serta semua unsur masyarakat bisa saling bahu membahu berupaya  melakukan pencegahan bencana banjir salah satunya tidak membuang sampah sembarangan," jelas Panji.

Sementara itu, Camat Tungkal Ilir yang diwakili Sekertaris kecamatan, Seman, S.Pd,. M.Si. menyampaikan bahwa Penyelenggara Pemerintahan Kecamatan Tungkal Ilir, TNI, Polri beserta instansi terkait yang ada di Kecamatan Tungkal Ilir  peduli dan siap untuk turun langsung mengantisipasi penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan koordinasi antar sektoral dalam melakukan langkah pencegahan dan pengurangann resiko bencana yang ada di Kecamatan Tungkal Ilir  bisa lebih siap lagi menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” tandasnya.

Dihadapan para kepala desa , Seman berharap, agar meningkatkan kwaspadaan serta cepat tanggap terhadap situasi yang ada, karena  penanganan bencana adalah urusan bersama yang memerlukan perhatian serius dalam meminimalisir dampak bencana baik kerugian materi, korban jiwa dan kerusakan sarana dan prasarana lainnya.

“Kami Mohon Bapak Ibu Kepala Desa Dalam wilayah tungkal ilir, agar meningkatkan kewaspadaan serta cepat tanggap dengan situasi yang terjadi di desanya masing masing, sebagai  persiapan upaya mitigasi bencana untuk menentukan langkah apa yang akan diambil agar  bisa lebih siap lagi menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” imbaunya.


Laporan Mulyono, LUGAS Banyuasin, Sumsel

Tidak ada komentar