Demokratis dan Terbuka, Pemilihan Ketua RW025 Perumahan De'Sanctuary


LUGAS | Kota Bekasi - Pemilihan Ketua RW 025 Perumahan De'sanctuary, Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi,  Sabtu (29/10/ 2022).

Pemilihan ketua RW berlangsung unik dan demokratis. Pasalnya, proses pemilihan pemimpin tingkat RW ini melewati berbagai tahap layaknya Pemilu serentak. 

Jauh-jauh hari sebelum hari pemilihan, perwakilan warga terlebih dahulu membentuk kepanitian untuk menjaring calon yang maju sebagai kandidat Ketua RW serta mendata calon pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dimana warga memberikan suara untuk 1 rumah 2 suara.


Setelah calon Ketua RW ditetapkan, panitia lalu menyebar formulir atau surat undangan kepada para pemilih. Bukan hanya itu, panitia juga memberikan kesempatan kepada seluruh kandidat berkampanye untuk menyampaikan visi misi.

Di hari pemungutan, panitia mengarahkan satu persatu warga, mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, pencoblosan di bilik TPS hingga pencelupan jari di tinta sebagai tanda sudah memilih. 

Lazimnya sebuah pemilihan untuk mencari calon pemimpin, beragam perlengkapan yang dibutuhkan seperti bilik suara, kertas suara, surat suara dan tinta juga sudah dipersiapkan di TPS. Pencoblosan surat suara pun ditutup tepat pukul 12.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan penghitungan suara pada pukul 13.30 dengan disaksikan seluruh calon dan warga perumahan De'Sanctuary. 





Meskipun berlangsung sederhana tetapi antusias warga mendatangi TPS patut diacungi jempol. Dari 7 RT yang berhak mencoblos,Masing-masing keluarga diambil 2 orang, total ada 299 orang yang memberikan hak suaranya untuk memilih salah satu dari dua calon kandidat.

Dalam pesta Demokrasi pemilihan ketua RW 025 yang berlangsung secara ketat, dengan hasil akhir 151 untuk Rachmat Pramukty dan 147 untuk Subagya Santosa. Dengan demikian Rachmat Pramukty secara resmi terpilih menjadi ketua RW 025 perumahan De'Sanctuary, kelurahan jatimakmur, kecamatan pondok gede, kota Bekasi periode 2022-2027.
Terpilih sebagai ketua RW 025  Perumahan De'sanctuary  periode 2022-2027 Rachmat Pramukty menyampaikan bahwa dirinya siap bersinergi dengan pemerintah dan semua elemen masyarakat. 


"Alhamdulillah pemilihan berjalan lancar, kami ucapkan terimakasih kepada panitia pemilihan RW dan semua warga RW 025 sehingga acara berlangsung damai dan penuh kekeluargaan. Atas kepercayaan dari warga kami ucapkan terimakasih, tentunya sebagai ketua RW yang baru kami akan selalu bersinergi dengan pemerintah dan kami mohon dukungan semuanya," tutup Rachmat Pramukty.

Tidak ada komentar