Sopo Nyono, Kuda Lumping Desa Bumi Serdang Tampil Perdana di Depan Khalayak


 

LUGAS | Banyuasin - Kesenian jaranan kuda lumping asli desa Bumi Serdang, Turonggo Sopo Nyono sukses tampil perdana menghibur khalayak masyarakat yang bertempat di desa Bumi Serdang Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, pada Minggu (16/10/2022).

Menurut penjelasan Karim selaku ketua sekaligus pendiri Turonggo Sopo Nyono, ia menuturkan, perjuangan untuk bisa tampil secara resmi didepan umum, banyak jalan terjal yang harus dilewati, selama ini pihaknya selalu gagal ditengah jalan bahkan sempat akan bubar, dengan kondisi yang demikian pihaknya tidak kenal lelah terus berjuang sekuat tenaga, dengan dibantu oleh sesepuh serta masyarakat para pecinta kesenian kuda lumping.

Kini kerja keras mereka telah membuahkan hasil, pihaknya sukses tampil secara resmi didepan umum untuk menghibur masyarakat.

"Kami sangat bersyukur hari ini bisa secara resmi tampil didepan umum, untuk menyuguhkan hiburan jaranan kuda lumping kepada masyarakat desa Bumi Serdang dan sekitarnya, selama ini apa yang kami inginkan tidak terlaksana, kami selalu gagal ditengah jalan, bahkan sempat akan bubar, dengan terlaksananya apa yang menjadi mimpi kami, oleh karenanya kami sepakat untuk menamakan kesenian jaranan ini dengan nama Turonggo Sopo Nyono yang arti dalam bahasa Indonesianya siapa sangka kalau hari ini mimpi kami terwujud dan terlaksana," ujar Karim.

Sementara itu kepala desa Bumi Serdang, Supandi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan  tersebut dan berharap kegiatan ini sebagai sarana untuk melestarikan seni budaya yang merupakan warisan dari nenek moyang serta bisa mempererat jalinan tali silaturahmi sesama masyarakat.

"Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita bisa berkumpul bersama guna menyaksikan penampilan perdana Turonggo Sopo Nyono, sekaligus sebagai sarana  untuk melestarikan seni budaya yang ada serta bisa memperat jalinan tali silaturahmi sesama masyarakat desa bumi Serdang," ucap Supandi.

Selaku kepala desa, ia berharap kepada segenap kepengurusan Turonggo Sopo Nyono, untuk selalu tegar, sabar, kompak jalin kerjasama yang baik, dalam mengembangkan kesenian jaranan ini agar kedepannya kegiatan ini terus bisa berjalan dan bisa memberikan hiburan kepada masyarakat.


"Saya berharap, Jalinan komunikasi, jaga kekompakan, Tetap tegar  dan sabar, Agar kesenian Jaranan Turonggo  Sopo Nyono terus bisa eksis untuk memajukan seni dan budaya, serta bisa memberikan hiburan kepada masyarakat",Ujar Supandi.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran pemerintah desa, ketua dan anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat.



Tidak ada komentar