Jaga Transparansi, Ketua RW 026 Kayuringin Jaya Dipilih Secara Langsung



LUGAS | Kota Bekasi - Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 026 Kelurahan Kayuringin Jaya berlangsung layaknya pemilihan umum Legislatif dan pemilihan umum presiden. Pemilihan ketua RW dilaksanakan di sekretariat RW 026, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (27/11/2022). 

Warga RW 026 Kayuringin Jaya dengan Heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakatnya hari ini mengikuti pesta demokrasi tingkat Rukun Warga (RW). 
Salah satu cara panitia agar warga tidak segera pulang sebelum acara selesai adalah dengan menyiapkan  Doorprize.

Walaupun warga yang mengikuti pemilihan hanya perwakilan, namun dalam pelaksanaannya warga terlihat antusias. 
Jumlah pemilik suara yang berhak melakukan pencoblosan sesuai undangan adalah satu orang dalam satu keluarga. 
RW 026 terdiri dari 8 RT dan masing-masing RT 10 orang yang memberikan suara, terdiri dari 3 pengurus dan 7 tokoh masyarakat, dari PKK 10 orang, Posyandu 7 orang dan DKM 3 orang, Jumlah total 100 orang.

Adapun petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai dari panitia  hingga saksi pun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih Ketua RW mereka.

Iwan Setiawan sekretaris kelurahan Kayuringin Jaya menyampaikan bahwa pemilhan Ketua RW dengan cara aklamasi ataupun langsung tidak memiliki perbedaan signifikan. 

"Asalkan masing-masing calon dan Ketua terpilih bisa menjalankan tugas dengan  amanah. Apabila pemimpin tidak amanah warga yang menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan kehidupan sosial menjadi kacau. 
Dalam pemilihan RW ini saya mengapresiasi setinggi-tingginya  kepada Ketua RW, Ketua RT dan semua saja yang terlibat dalam kegiatan ini," kata Iwan.

Masih menurut Iwan Setiawan, warga Kayuringin Jaya untuk selalu menjaga kesehatan karena Covid masih ada dan saat ini juga ada ancaman DBD. 
"Walaupun saat ini Covid sudah jauh kita tinggalkan tapi tetap jangan lengah, kota Bekasi masih tetap tertinggi untuk Covid, selain dari pada itu karena ini musim hujan kader jumantik untuk diaktifkan kembali karena kita juga dalam ancaman DBD. 
Selamat untuk Ketua RW terpilih, semoga bisa menjalankan amanah dan tetap jaga kerukunan dan kekompakan," Jelas Iwan Setiawan. 

Pemilihan ketua RW 026 dihadiri Lurah Kayuringin Jaya yang diwakili Sekretaris kelurahan Iwan Setiawan, Katua RW 026 Adnan Brawijaya, para Ketua RT, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, kader PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna, Pokdarkamtibmas Bhayangkara, Security, linmas dan warga RW 026 Kayuringin Jaya. 

Menurut Adnan Brawijaya Ketua RW 026 bahwa pemilihan RW 026 periode 2022-2027 berlangsung lancar karena berawal dari keguyuban warga RW 026 Kayuringin Jaya. Menurutnya masih ada pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan yang mana masih menjadi tanggung jawab kita bersama. 

" Lingkungan kami ini dikenal sebagai tempat kurang baik, terutama warga pendatang yang keluar masuk kurang memperhatikan norma kesopanan, terutama para wanitanya. Menjadi RW 026 itu beda dengan RW yang lain, disini Ketua RW mengurusi dari sajadah sampai haram jadah, yang kedua masalah lingkungan yaitu got saluran air, masalah keamanan dan ketertiban warga, terutama adalah masalah parkir liar yang semrawut. 
Hal itu tentunya menjadi tugas berat, oleh karena itu diperlukan kerjasama baik Ketua RW terpilih dan pihak yang lainnya, salah satunya pemilik kontrakan untuk diajak rembugan bagaimana baiknya sehingga masalah parkir bisa lebih teratur lagi," Jelas Adnan Brawijaya. 

Hasil pemilihan ketua RW 026 Kelurahan Kayuringin Jaya periode 2022-2027.

H. Nyoman memperoleh suara 34 dan Joko Sriyanto memperoleh 61 suara. 
Dengan demikian sah Joko Sriyanto terpilih menjadi ketua RW 026 Kelurahan Kayuringin Jaya Periode 2022-2027.

Sebagai ketua RW terpilih periode 2022-2027 Joko Sriyanto merasa bersyukur karena mendapat amanah meneruskan Ketua RW sebelumnya. Dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua warga RW 026 Kelurahan Kayuringin Jaya. 

"Tidak ada kalah dan menang, yang ada adalah menang semua. Kami di RW 026 itu sudah guyub dan rukun sejak lama, semua saling dukung, kami ucapkan terimakasih pada semuanya, kepada panitia, kepada semua warga RW 026. Adapun tugas kami meneruskan program Ketua RW sebelumnya, seperti disampaikan masalah parkir liar, masalah got, masalah keamanan wilayah dan masalah hal yang kurang patut di lingkungan RW 026.

Tentunya terkait hal-hal penting seperti itu nanti kami akan berkoordinasi dan membicarakan lebih lanjut, dan tentunya nanti kami akan bikin peraturan yang tegas di wilayah kami, apalagi sebagaimana kita semua tahu di wilayah kita ini masjidnya besar-besar, aktif semua dalam kegiatan pengajian, sangat kontras apabila masih terlihat malam-malam perempuan keluar masuk melewati jalan depan masjid dengan pakaian yang tidak pantas dan merokok, semoga kedepan semua akan lebih baik." Pungkas Joko Sriyanto.

Tidak ada komentar