Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Pondokgede Mengikuti Pelatihan TPTKP

LUGAS | Kota Bekasi - Guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara saat berada di lapangan, Sat Binmas Polres Metro Bekasi Kota menyelenggarakan pelatihan penanganan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), Olah TKP di Aula Sat Binmas Lt 7 Polres Metro Kota Bekasi, Sabtu (12/11/2022) 

Kegiatan pelatihan penanganan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) Laka Lantas, diikuti oleh jajaran pengurus Resort, KSB Sektor dan Sub sektor Pokdarkamtibmas Bhayangkara sekota Bekasi.

H.Suyatno Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Metro Bekasi Kota menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggarakanya acara pengarahan  dan latihan TPTKP, pelatihan fungsi teknis ini merupakan satu bentuk upaya peningkatan SDM dan kinerja dengan mengikuti pelatihan dari Polri.

"Kami sangat berterimakasih terutama kepada Kasat binmas,narasumber dari gakum dan team lantas, terimakasih juga kepada  pengurus resor, para jajaran KSB sektor dan subsektor,serta para sesepuh pokdar dan ketua BKMM, mudah-mudahan ilmu yang diserap dalam  pemaparan  bisa bermanfaat, insyaallah kedepan pokdar bisa lebih kompak lagi," tutur H. Suyatno. 

Dalam kegiatan penyuluhan dan latihan TPTKP pengarahan oleh Kasat Binmas AKBP Aryo  Seno Adji  Wibowo, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Metro  Bekasi Kota H. Suyatno, pemateri TPTKP Laka Lantas AKP M. Sahari, pemateri Praktek TPTKP Laka Lantas Ipda Suwandi.

Sementara itu Kasat Binmas AKBP Aryo Seno Adji Wibowo menyampaikan bahwa Pelatihan  dan pengenalan TPTKP laka lantas tujuannya  Agar rekan Pokdarkamtibmas  tidak panik , canggung dan paham apa yg harus dilakukan pada saat terjadinya laka lantas dimanapun berada. 


"Rekan-rekan Pokdar mengikuti latihan TPTKP ini bermanfaat untuk para anggota Pokdar itu sendiri, serta bisa menyampaikan ilmu yg di dapat kepada masyarakat yang tinggal  di daerahnya," kata Kasat Binmas.

Kasat Binmas AKBP Aryo Seno Adji Wibowo berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan dan latihan seperti TPTKP, kemampuan dan keterampilan anggota Pokdar semakin bertambah dan selalu siap dalam dalam kondisi apa pun, jadi tidak kaget saat di lapangan.

“Dengan selalu di berikan pelatihan seperti ini, diharapkan keterampilan dan kemampuan dari rekan-rekan Pokdar semakin bertambah, Kami berharap Pokdar dapat memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat dengan membantu tugas polri, karena kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama," tuntasnya. 


Dalam acara pelatihan penanganan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara ( TPTKP) Tampak hadir dari Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Pondokgede yang dipimpin oleh ketuanya Agatha Ani.
Menurutnya acara ini sangat penting supaya personil Pokdarkamtibmas Bhayangkara paham dalam 
memberikan pertolongan yang tepat dan terarah dalam menangani kondisi darurat. 

"Pelatihan ini sangat penting, dilakukan sebagai pembekalan di lapangan dalam menjalankan tugas Pokdarkamtibmas Bhayangkara dalam membantu para penegak hukum menjalankan tugasnya," kata Agatha Ani. 

Materi yang diberikan para ahli dibidangnya ini dikatakan Ani Agatha sebagai pengetahuan dasar Pokdarkamtibmas Bhayangkara dalam menangani peristiwa kegawatdaruratan.

"Apabila terjadi kecelakaan atau tabrakan, bagaimana mereka membantu korban agar pada saat membantu tidak menimbulkan cidera tambahan atau justru semakin membahayakan korban. Hal-hal seperti ini perlu dipahami agar pertolongan yang dilakukan tepat," tutup Ani Agatha kepada Lugas.

Tidak ada komentar