Serap Aspirasi Masyarakat, Kapolres Metro Bekasi Kota Gelar Dialog Bersama Warga

LUGAS | Kota Bekasi - Kombes. Pol. Hengki, S.I.K., M.H. Kapolres Metro Bekasi Kota terus menyerap aspirasi masyarakat. Yakni melalui dialog bersama warga yang diselenggarakan di pendopo Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (1/11/2022) 

Pada kesempatan itu, Kapolres metro Bekasi didampingi Kasat Narkoba Kompol Guntur Nugroho, Kasat Reskrim Kompol Ivan, Kasie Propam Kompol Rosdiana Sirait, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol M. Budiono beserta jajaran, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, Lurah se kecamatan Bekasi selatan, Babinsa Pekayon Jaya Peltu Susul Budianto, Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi Selatan, Senkom Mitra Polri Bekasi Selatan, RPK2, KSM, para Ketua RW, Ketua RT dan para tokoh masyarakat. 

Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya dalam sambutanya mengatakan bahwa acara dialog ini untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga permasalahan terutama kamtibmas bisa teratasi. 

"Kami Selaku Camat Bekasi Selatan mengucapkan terimakasih atas Kehadiran bapak Kapolres dan PJU, semoga kegiatan ini bermanfaat, dan kami mohon Partisipasinya para hadirin untuk menyampaikan  usulan ataupun informasi kepada Bapak kapolres. Sehingga dengan pertemuan ini harapannya kamtibmas nanti semakin kondusif," kata Karya Sukmajaya. 

Sejumlah masyarakat maupun tokoh masyarakat juga menyampaikan aspirasi langsung kepada Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki. Salah satunya mengenai permohonan CCTV di tempat sepi, yakni jalan Cikunir Raya sampai Venus yang disampaikan oleh Abdullah, kemudian Ny. Oshin ketua RT yang juga sebagai ketua RPK menyampaikan masalah warung kopi tempat nongkrong anak-anak dari luar daerah, kemudian Heri Kurniantoro yang menyampaikan masalah kontrakan yang pemiliknya bukan warga setempat tanpa menyediakan fasilitas parkir yang memadai sehingga mengganggu aktifitas warga, Ricky warga Kayuringin mengusulkan diadakan pelatihan penanganan awal apabila terjadi musibah ataupun tindak pidana di jalan, terjadi penemuan TKP kecelakaan, TKP Kriminal, selain itu Ricky mengusulkan diadakan lampu lalu lintas warna kuning (lampu Hazard) kedip-kedip kuning untuk kehati-hatian kendaraan di gerbang kamala lagon tepatnya pinggir jalan kalimalang, Dedy Rudyanto mengusulkan pos pantau di jalan baru Jakasetia dan pelayanan SKCK dipercepat, karena sistem online ada masalah seringnya lambat.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki mengatakan, melalui dialog Kamtibmas, masyarakat  dapat menyampaikan aspirasi, pertanyaan, kritik dan saran serta masukan.Semua yang disampaikan akan kami jawab dan semoga mendapat solusi terbaik. 

"Kami dari Polres Metro Bekasi Kota sengaja datang untuk menyempatkan diri bertatap muka, bertegur sapa dengan bapak ibu sekalian. Siapa tahu ada permasalahan yang dapat kita diskusikan, bukan hanya permasalahan hukum. Karena permasalahan apapun pasti memberikan dampak pengaruh terhadap situasi kamtibmas," ujar Kombespol Hengki. 

Lebih lanjut dia mengatakan, tidak  semua persoalan yang ada di lingkungan masyarakat  harus berujung ke pengadilan. Penegakan hukum adalah langkah terakhir yang terpaksa dilakukan jajaran kepolisian.
Kami dari polres datang kesini untuk mencari solusi, kalau kapolsek dan camat tidak ada tindak lanjut laporkan," tegas Kapolres.

Untuk semua yang diusulkan, kapolres menyampaikan semua ditindaklanjuti dan berkoordinasi dengan camat dan kapolsek. Adapun untuk pengajuan diadakan pelatihan untuk Mitra Polri, kapolres berjanji akan segera menjadwalkan. 

Sementara itu Dedy Rudyanto, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi selatan menjelaskan, Pokdarkamtibmas merupakan Mitra Polri yang berperan aktif dalam membantu Polri  dalam menjaga situasi kamtibmas.

"Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi Selatan merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat. Selain itu membantu menyelesaikan perselisihan dengan jalan musyawarah. 

“Selanjutnya Pokdar Kamtibmas juga membantu menampung dan memfasilitasi semua keluhan masyarakat sekitarnya yang berkaitan dengan masalah kamtibmas, serta menindaklanjuti penyelesaiannya melalui kerjasama dengan Polri," tutup Dedy.

Tidak ada komentar