Serap Aspirasi Warga, Ini Pesan Kapolsek Jatisampurna



LUGAS | Kota Bekasi -  Warga keluhkan kemacetan dan tanyakan pelayanan Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK) dan Surat Ijin Mengemudi (SIM).  Menanggapi hal tersebut 
AKBP Aryo Seno Aji Wibowo Kasat Binmas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Isvan Riyanto Wakasat Samapta Polres Metro Bekasi Kota dan Iptu Santri Dirga Kapolsek Jatisampurna  memberikan penjelasan  pada warga, dalam giat serap aspirasi cari solusi di sekretariat Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Jatisampurna, di Jalan Raya Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Rabu (30/11/2022).

Acara serap aspirasi dan mencari solusi dilaksanakan sekaligus menyampaikan pesan kamtibmas sebagai upaya untuk menciptakan situasi wilayah Jatisampurna agar senantiasa aman dan kondusif. 

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri AKBP Aryo Seno Aji Wibowo Kasat Binmas Polres Metro Bekasi, Wakasat Samapta Kompol Isvan Riyanto, Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga, Ipda Said Sudiana Kanit Intel, Bripka Yasir Bhabinkamtibmas Kelurahan Jatirangga, Aiptu Suparno Bhabinkamtibmas Kelurahan Jatiraden, Pokdarkamtibmas Bhayangkara, Koramil, lurah, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ketua RT, Ketua RW, Kader PKK, kader Posyandu dan warga sekitar. 

AKBP Aryo Seno Aji menjelaskan bahwa kegiatan serap aspirasi cari solusi ini adalah salah satu Wadah yang dikhususkan terhadap masyarakat untuk berdiskusi langsung bersama-sama dalam menjaga dan memelihara kamtibmas.

“Jadi kegiatan seperti ini adalah duduk bareng yang dijadikan wadah untuk mencari solusi dalam pemecahan masalah maupun penyampaian informasi dari masyarakat terkait kamtibmas, kegiatan ini instruksi langsung dari polres, diatasnya adalah polda dan diatasnya lagi adalah kapolri dan paling tinggi adalah presiden, jadi acara ini bukan main-main, dan acara ini merupakan langkah efektif dalam menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat.” Jelas Kasat Binmas.


Menjawab pertanyaan warga terkait SIM,Wakasat Samapta Kompol Isvan Riyanto menerangkan bahwa Pengurusan Sim sangat penting bagi seluruh warga yang berkendaraan. 

“Kita harus dapat menjadi contoh kepada anak-anak kita, memberi contoh pada masyarakat, agar tertib surat-surat kendaraan salah satunya adalah sim C yang digunakan untuk surat ijin mengemudi kendaraan roda dua,”ungkapnya.

Ia menambahkan, pembuatan Sim itu tetap melalui prosedur pembuatan sim namun dipermudah, adapun pembayaran langsung di setor ke negara melaui bank. 

"Sim sangat berguna bagi seorang pengemudi kendaraan baik R2, R4, R6 karena bila terjadi sesuatu atau kecelakaan di jalan raya yang ditanyakan oleh petugas Polantas adalah Sim, dan Sim juga sebagai syarat dalam pengurusan perolehan jasa raharja,” Jelas wakasat Samapta Kompol Isvan Riyanto.

Keluh kesah yang disampaikan warga,  masalah kemacetan, gangguan keamanan  banyaknya yang kehilangan motor, lambatnya pelayanan pembuatan SIM, STNK. Usulan dari Pokdarkamtibmas yang mengeluhkan lamanya perpanjangan kartu keanggotaan yang sudah habis masa berlakunya. 

Disampaikan Iptu Santri Dirga semua permasalahan ada solusinya walaupun dengan keterbatasan personil. 

"Dengan keterbatasan personil bukan berarti kami diam, saat ini kami lagi usulkan perubahan tipe sehingga bisa mendapakan tambahan personil, tapi walupun begitu tetap kami laksanakan kegiatan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, seperti patroli yang melibatkan mitra kami yaitu Pokdarkamtibmas Bhayangkara, kami sangat berterimakasih kerjasama dengan Mitra kami pokdar berjlan lancar selama ini." tutur kapolsek. 

Selain itu dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban serta sebagai wujud kekompakan dan kebersamaan Polsek Jatisampurna mengadakan ngobrol bareng dengan mitra polri dan para tokoh masyarakat. 

"Dengan adanya sinergitas yang semakin erat,maka keamanan pun terjaga. Apalagi masyarakat mau Bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban bersama,dan bagi yang mempunyai informasi-informasi penting kaitan guantibmas sampaikan saja, nanti segera ditindak lanjuti, semua demi terciptanya hubungan yang harmonis serta mempererat hubungan silaturahmi antara masyarakat dengan Polri." tutup Iptu Santri Dirga. 



Tidak ada komentar