Hari Disabilitas Sedunia, Perum PPD Tamasya bersama Anak Penyandang Disabilitas


LUGAS | JAKARTA – Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Sedunia, Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) bersama Komunitas Ruang Sukaria menggelar kegiatan bertajuk “Kindness Day: Spread The Kindness” dengan mengajak anak-anak penyandang disabilitas untuk bertamasya di Tebet Eco Park. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 peserta siswa binaan Rumah Autis Tanjung Priok serta pendamping. 

Sebagai BUMN Transportasi Darat, Perum PPD secara penuh memfasilitasi keperluan transportasi ramah disabilitas untuk seluruh peserta. Kegiatan ini digelar sebagai wadah terciptanya inklusivitas dimana anak berkebutuhan khusus dapat hidup beriringan bersama yang lainnya dengan merasakan fasilitas-fasilitas yang ada di ruang terbuka umum. Menumbuhkan rasa berempati antar masyarakat untuk lebih peduli dan menghargai keberadaan anak berkebutuhan khusus. 

Sekretaris Perusahaan Perum PPD, Chrissma Sulistyana mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan nilai yang diterapkan Perum PPD dalam menjunjung nilai inklusivitas, 

"Perum PPD adalah perusahaan yang menjunjung nilai keberagaman dan inklusivitas, kami sangat menghargai keberagaman dan kami sepenuhnya mempercayai bahwa setiap individu berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Oleh karena itu, PPD sangat mendukung terselenggaranya acara ini untuk memberikan kesempatan atau experienced yang sama bagi mereka” tuturnya.

Sejalan dengan Perum PPD, Founder Komunitas Ruang Sukaria, Miranda Antisari mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi dan menebarkan empati kepada masyarakat tentang anak-anak berkebutuhan khusus dan disabilitas.

“Dengan mengajak piknik, kita menciptakan ruang inklusif sehingga orang yang belum pernah berinteraksi dengan dunia luar maupun anak berkebutuhan khusus dapat hidup berdampingan dan memberikan semangat kepada orang tuanya bahwa mereka tidak sendiri,” ujar Miranda.

Salman, salah satu Orang Tua anak berkebutuhan khusus menuturkan sangat senang dengan diadakannya kegiatan tamasya seperti ini,

“Kegiatan ini sangat menyenangkan, bagus, kegiatan seperti Ini jarang dilakukan karena anak-anak dapat belajar di luar lingkungan. Terima kasih banyak untuk PPD sudah memberikan ruang bagi anak-anak disabilitas untuk bermain ditaman terbuka seperti Tebet Eco Park.”.

“Saya berharap agar anak-anak disabilitas nantinya lebih diperhatikan, agar kedepannya memiliki wadah untuk mencari ilmu yang tidak hanya didapatkan di dalam ruangan. Sehingga terdapat kesan ramah juga, dari pengunjung kepada anak-anak disabilitas. Jadi kita, tidak sungkan untuk bergabung dengan anak-anak disabilitas,” imbuhnya.

Sejauh ini sekitar 2% karyawan penyandang disabilitas (tuna daksa) dari total keseluruhan karyawan tetap telah menjadi bagian dari keluarga besar Perum PPD. Perum PPD memberikan kesempatan bagi mereka dengan luas dengan ditempatkan di berbagai bidang antara lain pelayanan pelanggan, operasi, teknik, dan pekerjaan umum. 

“Penyandang disabilitas punya hak yang sama dengan semua orang. Kami dari Perum PPD berharap agar kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan, tidak hanya dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Sedunia saja, namun dukungan dan support seperti ini bisa dilakukan kapan saja sebagai wujud equal treatment dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Chrissma.

 

Tentang Perum PPD
Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) merupakan perusahaan milik pemerintah di bidang transportasi umum darat yang menjadi embrio dan pioneer perkembangan angkutan bus di Jakarta. Bertempat di Jalan D.I. Panjaitan Nomor 1, Cawang, Jakarta Timur, Perum PPD memiliki beberapa SBU (Sub Bisnis Unit) terdiri dari SBU Transbusway, SBU Pemeliharaan dan Perbaikan bus, SBU Transjabodetabek, SBU Aset dan Logistik, SBU Trans PPD MAC. Sebagai raja jalanan Perum PPD terus mengembangkan sayap bisnis layanannya, hingga saat ini Perum PPD melayani masyarakat dengan pelayanan Jabodetabek Residence Connexion, Jabodetabek Airport Connexion, Busway, Amari, Pariwisata, dan Karyawan.


Tidak ada komentar