Padat Karya di Sukaraya Fokus Atasi Saluran Air


LUGAS | Kabupaten Bekasi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi sangat menyadari jika sampah dan banjir itu  merupakan masalah yang selalu dihadapi dan sangat diperhatikan. 

Saat ini program Padat Karya hadir fokus diarahkan kepada desa-desa untuk  pembersihan saluran got air yang tidak lancar karena sampah yang bikin mampet, seperti  padat karya yang dilaksanakan bersama warga Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Kamis (22/12/2022).

Fokus kegiatan padat karya pada pembersihan got dengan mengangkat sampah dan sedimen lumpur. 

Padat karya dilaksanakan selain untuk kebersihan lingkungan, mencegah terjadinya banjir juga membantu perekonomian warga. Dengan adanya kegiatan padat karya warga merasa bersyukur dan berterima kasih kepada bupati kabupaten Bekasi. 

Program  padat karya ini yang dimulai sejak hari Sabtu tanggal 17 sampai dengan hari Kamis tanggal 22 Desember 2022 berloakasi disepanjang Jalan Cagak Sukamantri menuju Kantor Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Jawa Barat, jalur angkot K38 Pule - Terminal Cikarang. 

Menurut Agus Suparno salah satu warga Sukaraya, bahwa Selokan air di sepanjang jalan Cagak Sukamantri  sering mampet,  sering terjadi banjir, bahkan  pada beberapa tahun yang lalu angkot K38 ini sempet berenang karena banjirnya terlalu dalam sehingga didorong oleh anak-anak," kata Agus Suparno di lokasi padat karya. 

Wati kepala bidang pengelolaan Sumber Air Kabupaten Bekasi menyampaikan, dengan padat karya menurutnya bisa membantu kepentingan  masyarakat banyak khususnya lingkungan setempat, termasuk juga bisa untuk membantu perekonomian warga yang kurang mampu atau bekerja harian lepas. 

 "Alhamdulilah program padat karya ini bisa membantu warga, program padat karya ini diharapkan diteruskan sampai kapanpun, sehingga warga merasa diperhatikan, apalagi jika sedang musim hujan ," ujar Wati kepada lugas. 

Hasan Basri salah satu peserta kegiatan padat karya ia merasa senang  ikut kegiatan padat karya ini yang ada di wilayahnya. menurutnya kegiatan ini sangat membantu masyarakat kita terutama dalam hal mengatasi terjadinya banjir. 

Sementara itu Syahroni, Kasi Kesra Desa Sukaraya, menyampaikan bahwa kegiatan padat karya disambut baik warga, karena langsung dirasakan manfaatnya oleh warga itu sendiri. 

"Semoga dengan adanya  kegiatan padat karya ini bermanfaat untuk warga setempat dan masyarakat luas pada umumnya sehingga tidak terjadi banjir lagi di wilayah manapun insa Allah jika kita bisa lebih awal mengatasinya ini," tutup Ahmad Syahroni. 


Reporter: Agus Suparno

Tidak ada komentar