Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Metro Bekasi Kota Resmi Dilantik

LUGAS | Kota Bekasi - Kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Resor Metro Bekasi Kota masa Bakti 2022 - 2026 dilakukan di Gedung PGRI, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (24/12/2022). 

Pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan ini dihadiri oleh Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama mewakili Kapolres Metro Bekasi Kota , Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional Agenanda Djatmika, Ketua Pokdarkamtibmaa Bhayangkara Metro Jaya Djoko Setyo Widodo.

Turut hadir Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya mewakili Plt Walikota Bekasi, Danramil 01/Kranji Mayor Inf Choirul Anam, Danramil 03/Teluk Pucung Kapten Inf Tomy Abdullah, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Budiono, Sejumlah lurah di Bekasi Selatan, para Ketua Ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama di wilayah Kota Bekasi.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pokdarkamtibmas, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus sekretaris Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Metro Kota Bekasi Dedy Rudyanto menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya acara pelantikan dan pengukuhan, sehingga acara ini berjalan dengan sukses dan lancar," katanya. 

Lanjut Dedy,"menyampaikan fungsi dan tugas Pokdar Kamtibmas adalah sebagai garda terdepan dalam memberikan rasa aman dan tenteram di tengah masyarakat, dan juga Pokdarkamtibmas adalah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, yang tugasnya adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat," ujar Dedy Rudyanto. 

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SKEP) Kapolres Metro Bekasi Kota tentang Pelantikan dan Pengukuhan Susunan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Metro Bekasi Kota oleh Panit Binmas Polsek Bekasi Utara IPDA H. Syahrir. 

Sementara itu Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Metro Bekasi Kota yang baru dilantik, H. Suyatno menyatakan siap bersinergi dan bekerjasama dengan aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kota Bekasi.

"Dalam hal ini Pokdarkamtibmas Bhayankara pelantikan dan pengukuhannya sampai masa bhakti 2022 - 2026 yang akan bersinergi dengan Polri dan akan menjaga kamtibmas di wilayah Kota Bekasi agar aman dan damai," tuturnya.

Setelah ini, kata Suyatno Pokdarkamtibmas akan melakukan giat bersama dengan aparat kepolisian seperti apel dan cipta kondisi serta pengamanan libur Natal dan Tahun Baru di wilayah Kota Bekasi.

"Pelibatan dalam pengamanan Nataru, dari Polres Kota Bekasi telah membuat Id Card untuk Pengamanan Nataru yang berjumlah 500 orang yang akan disiapkan di beberapa Pospam di delapan sektor," tambahnya.

Ia berharap kepada pemerintah Kota Bekasi bisa memfasilitasi pengadaan kendaraan operasional bagi Pokdarkamtibmas.

 "Mudah-mudahan tahun depan Plt Wali Kota Bekasi bisa memfasilitasi dan memberikan untuk kendaraan operasional dan support Kapolres semoga terealisasi," harapnya.

Sementara itu, Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama menegaskan bahwa Pokdarkamtibmas merupakan mitra Polri mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Pokdarkamtibmas ini adalah mitra Polri sebagai lini terdepan membantu bersama-sama dengan kepolisian khususnya Polres Metro Bekasi Kota untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," ucapnya.

Ia menyadari kiprah dan dedikasi yang telah dilakukan Pokdarkamtibmas di lapangan guna mencegah gangguan kamtibmas.

"Kita apresiasi Pokdarkamtibmas Bhayangkara, saya pribadi selaku mewakili Bapak Kapolres mengucapkan selamat kepada Bapak Suyatno selaku Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Metro Bekasi Kota, semoga kepemimpinan beliau beberapa tahun ke depan Pokdarkamtibmas terus bersinergi dalam upaya menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif di wilayah Bekasi Kota," terangnya.

Pihak kepolisian, kata Rama akan melibatkan 500 orang anggota Pokdarkamtibmas dalam pengamanan perayaan dan libur Natal dan Tahun Baru.

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Metro Jaya Djoko Setyo Widodo di sela-sela kegiatan pelantikan menekankan tugas Pokdarkamtibmas untuk membantu memberikan informasi valid kepada pihak kepolisian.

"Jadi kita hanya membuat laporan-laporan yang A1 apakah itu terorism, kejahatan atau perizinan kita bermitra dengan polisi dengan Koramil maupun Satpol PP sebagai langkah preventif sehingga meminimalkan suatu kejadian," ujarnya.

Jelang tahun politik, Ia berpesan agar seluruh pengurus dan anggota Pokdarkamtibmas bisa menempatkan diri dengan baik.

"Saat memakai atribut Pokdarkamtibmas kita menjadi masyarakat yang netral jangan memihak kepada konstituen tersendiri kita melayani masyarakat," tegasnya.

Khidmat dan meriahnya  acara pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Metro Bekasi Kota dipandu oleh master of ceremony (MC) terkemuka Maesaroh, M.Pd.

Tidak ada komentar