Rencana Jalan Raya di Jakarta Berbayar, Politisi Muda Gelora: Harus Diimbangi Pelayanan Angkutan Umum Gratis





LUGAS | Jakarta - Rencana Pemerintah DKI Jakarta yang membuat peraturan jalan berbayar non to diberbagai ruas jalan utama di Jakarta banyak menuai pro dan kontra di masyarakat.

Salah satunya dari Wakabid Keumatan DPD Jakarta Timur Partai Gelora Eko Suwono B.A, sebagaimana dalam keterangannya kepada media, Senin (16/01/2023).

Eko Suwono mengungkapkan,  penerapan aturan jalan raya non tol berbayar akan menuai masalah, ditandai dengan banyaknya yang kontra dan menentangnya.

"Walau memang tujuannya untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan pendapatan asli daerah pemerintah DKI Jakarta, akan tetapi keputusan tersebut juga harus diimbangi dengan meningkatkan pengeluaran dalam pembangunan daerah," ujarnya.

Lanjut Eko Suwono, "dengan jumlah PAD yang cukup besar pada tahun lalu yang mencapai Rp77,4 trilyun, saya rasa tidak masalah jika pemerintah DKI Jakarta menambahkan subsidi kepada warga Jakarta. Jika memang tujuan dari penerapan jalan berbayar itu ditujukan untuk masyarakat yang mempunyai kendaraan pribadi, harusnya pemerintah juga memberikan subsidi kepada masyarakat lainnya yang tidak mempunyai kendaraan pribadi."

Eko Suwono mencontohkan salah satu diantaranya memberikan angkutan umum gratis bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan umum dan meningkatkan pelayanan tanpa harus dengan kartu yang harus juga mengisi saldo rupiah.

"Hal ini tentu akan memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dan otomatis bisa mengurangi kemacetan. Biaya ongkosnya bisa ditanggung oleh pemerintah DKI Jakarta," kata Eko.

Dijelaskannya, dengan sistim transportasi umum yang sudah terintegrasi, tidak ada masalah pemerintah DKI Jakarta untuk bisa memberikan tambahan subsidi kepada pengguna jasa kendaraan umum.

"Jika dananya tidak cukup dari PAD yang ada sekarang, saya rasa bisa ditambah dari rencana subsidi jalan berbayar non tol tersebut," jelas Eko.




Eko Suwono yang menjabat sebagai Wakil Kepala Bidang Keumatan DPD Jakarta Timur Partai Gelora, berharap kepada Pj. Gubernur DKI Jakarta untuk bisa menjalankan sisa masa jabatan Gubernur DKI Jakarta ini dengan sebaik-baiknya.

Dikatakan Eko,  apapun keputusan yang diambil oleh Pemerintah DKI Jakarta tentunya harus mampu memberikan manfaat serta kemajuan bagi warga masyarakat Jakarta.

"Jakarta ini adalah etalase Indonesia, untuk itu mari kita jaga dan rawat kota Jakarta dengan kemajemukan warganya dan keanekaragaman budayanya serta menjaga kerukunan umat beragamanya," tutur Eko.

"Saya berharap pak Heru sebagai Pj. Gubernur bisa menjalankan sisa masa jabatan Gubernur DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya untuk menjadikan Jakarta lebih maju pembangunannya," pungkas Eko Suwono.


Tidak ada komentar