Aparatur Kelurahan Kayuringin Jaya Bersama PSM Evakuasi ODGJ di Ruko SNK







LUGAS | Kota Bekasi - Kasie Kessos Kelurahan Kayuringin Jaya beserta staf dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dibantu Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Bekasi Selatan dan warga sekitar mengevakuasi satu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berada  di Ruko Sentra Niaga Kalimalang, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan  Bekasi Selatan, Jumat (17/02/2023). 

Petugas dari kelurahan yang terdiri dari Kasi kesejahteraan Sosial, Ajeng Febrianti dan Haidir staf, pamor RW 12, petugas PSM Etty Supriati, Nani Apriyanti dan dibantu Satpol PP Kecamatan Bekasi Selatan. 


Sebelumnya petugas akan membersihkan ODGJ dan berusaha mendapatkan nama identitas ODGJ dengan bertanya nama dan asalnya darimana. Selain bicaranya meracau selalu berubah, berontak saat hendak dibersihkan badanya. Bahkan petugas dibantu warga sekitar sampai harus kejar-kejaran dengan ODGJ yang berlari sangat cepat. 

Menurut Etty Supriati, petugas sosial masyarakat,  evakuasi ODGJ karena ada perintah dari kecamatan dan kelurahan, berawal dari  warga yang merasa resah dengan keberadaan ODGJ. 
"Oleh warga selalu dikasih makan, tapi di tinggalin begitu saja tidak mau makan, kalau makan selau cari yang di tempat sampah." Papar Etty. 


Sementara itu Ajeng Febrianti, Kasi kesejahteraan Sosial kelurahan Kayuringin Jaya, mengatakan bahwa ODGJ yang tadinya mau dibawa ke Rumah Sakit Duren Sawit tidak jadi karena sesuatu hal, saat ini ODGJ ada di Yayasan Galuh, sebuah panti rehabilitasi orang dengan gangguan jiwa di Kota Bekasi.

"Mengenai tindakan yang diambil, kami saat ini serahkan ke Yayasan Galuh dan kami adakan komunkasi aktif dengan pihak Yayasan dan dinas sosial kota Bekasi." tutup Ajeng.









Tidak ada komentar