Usung Spirit MAJU, Kerja Bakti K3 - Pemeriksaan Kesehatan di Jatibening Baru



LUGAS | Kota Bekasi - Lurah Jatibening Baru H. Mulyadi memantau pelaksanaan program Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) di Wilayah RW 06 Perumahan Sarigaperi, Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (03/02/2023). 

H. Mulyadi, Lurah Jatibening Baru dalam kesempatan bincang dengan LUGAS mengajak masyarakat yang ada di kelurahan Jatibening Baru khususnya RW 06 perumahan Sarigaperi untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan rutin kerja bakti.

"Kami berharap masyarakat untuk semangat dan terus melakukan kerja bakti secara rutin. Untuk itu, saya minta kepada ketua RW dan RT hadir dan memantau langsung pelaksanaan kerja bakti ini. kerja bakti K3 ini bukan tanggung jawab kelurahan saja , tapi tanggung jawab RT, RW dan semua masyarakat, Apalagi kita yakini ajaran agama kita bahwa kebersihan adalah bagaian daripada iman," ujar H. Mulyadi.

Menurut H. Mulyadi pelayanan Kelurahan Jatibening Baru dilakukan dengan cara jemput bola Selaras dengan tagline "MAJU" yaitu Mantab, Akuntabel, Jelas dan Unggul. 

"Semua dilakukan oleh pihak kelurahan dengan aktif, seperti hari ini kolaborasi kegiatan K3, pemeriksaan kesehatan dan penyemaian benih cabe dalam hal ketahanan pangan, apalagi menghadapi bulan ramadhan biasanya harga cabe akan mengalami peningkatan. Kebetulan di RW 06 ada lahan yang tidak digunakan punya warga dan juga tanah Fasos Fasum yang bisa kita manfaatkan, yang mana nanti RW 06 Sarigaperi ini akan kami gunakan sebagai pusat pembibitan cabe, terong dan segala jenis tanaman yang bisa di tanam di lahan sempit. Kegiatan hari ini melibatkan semua yang unsur, yakni lurah, para kasi dan staf kelurahan, Pamor, Linmas Ketua RW, para pengurus RW, Ketua RT, PKK, Posyandu, karang taruna. Kami  juga melibatkan puskesmas Jatibening Baru untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Semua hadir dan bersinergi aktif untuk sebuah kemajuan," terang H. Mulyadi. 


Hening Utami, Sekretaris PKK Kelurahan Jatibening Baru mengatakan bahwa kegiatan hari ini Kerja Bakti K3, Pemeriksaan Kesehatan dan gerakan tanam cabe, semua kegiatan merupakan penjabaran pelaksanaan dari 10 program pokok PKK.

Hening Utami yang akrab di sapa Ami mengatakan dengan gerakan menanam cabe dapat meningkatkan pemanfaatan lahan untuk ketahanan pangan masyarakat. Menanam cabe dan tanaman produktif lainnya harus terus ditingkatkan di lingkungan rumah warga. Kami PKK sangat mendukung hal itu. menanam cabe ini merupakan solusi untuk mengatasi harga cabe yang tidak menentu," katanya.


Hening Utami menambahkan untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, telah dilakukan oleh 4 Kelompok Kerja secara luwes dan koordinatif, yaitu :

1. Pokja I :
a. Bidang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
b. Bidang Gotong Royong.  

2. Pokja II :
a. Bidang Pendidikan dan Keterampilan;
b. Bidang Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.  

3. Pokja III :
a. Bidang Pangan;
b. Bidang Sandang;
c. Bidang Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.  

4. Pokja IV :
a. Bidang Kesehatan;
b. Bidang Kelestarian Lingkungan Hidup;
c. Perencanaan Sehat.


Sementara itu Slamet Prasetyo ketua RW 06 Perumahan Sarigaperi kelurahan Jatibening Baru menambahkan. 
"Alhamdulillah kami ada grup baik RT maupun RW, disitu kita maksimalkan untuk komunikasi terkait berbagai kegiatan, seperti hari ini ada kegiatan K3, pemeriksaan kesehatan dan penanaman cabe. 
Disitu kita tekankan untuk  berkontribusi dalam kegiatan hari ini, alhamdulilah pada 
hadir dan saling mendukung." tutur ketua RW. 


Slamet melanjutkan, "Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan berkesinambungan demi menjaga silaturahmi dan menjaga kekompakan antar warga masyarakat agar  lebih kompak dan selalu menjaga Keindahan, Kebersihan dan Kerapihan wilayah." harap Slamet Prasetyo.



Tidak ada komentar