Kerja Bakti K3 Jaticempaka, Lurah Ajak Warga Jaga Lingkungan


Zainal Abidin Syah Camat Pondokgede dan Amir Lurah Jaticempaka Memberikan Arahan Saat Apel Sebelum Kerja Bakti K3 Dimulai


LUGAS | Kota Bekasi - Pemerintah Kelurahan Jaticempaka bersama warga melakukan kerja Bakti K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) Lingkungan di sepanjang jalan wadas  RT 08 RW 04 Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/02/2023). 

Aksi kegiatan menciptakan Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) Lingkungan ini dipimpin langsung Amir Lurah Jaticempaka dengan melibatkan aparatur Kelurahan Jaticempaka dan warga masyarakat.


Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dalam sambutan apel pagi kegiatan K3 mengajak masyarakat khususnya warga yang ada dikelurahan Jaticempaka untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan rutin melakukan kegiatan kerja bakti dan  mengantisipasi/pencegahan meluasnya penyebaran virus dengue yang ditularkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Mudah-mudahan kegiatan kerja bakti K3 ini bernilai ibadah untuk kemaslahatan kita semua. menjadi ikon kebersihan. Seperti banyak spanduk gerakan lingkungan bersih, jadi kita praktekkan dan harus terlibat dalam mewujudkan visi misi Kota Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan," Jelas Camat.


Amir, Lurah Jaticempaka dalam kesempatan bincang dengan LUGAS mengajak masyarakat yang ada di kelurahan Jaticempaka khususnya RW 04 untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan dengan rutin kerja bakti.

"Dalam kegiatan ini memaksimalkan kegiatan K3 dengan membersihkan sejumlah area, salah satunya yang dilakukan hari ini di sepanjang Jalan Wadas yaitu pembersihan lahan kosong dari ranting dan batang pohon, selain itu di jalan wadas 3 kami adakan pematusan dengan melibatkan Dinas BMSDA dengan timnya yaitu UPTD Pematusan Pondokgede. Hari ini juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis," ujar Amir Lurah Jaticempaka. 


Menurut Amir pelayanan Kelurahan Jaticempaka dilakukan dengan cara jemput bola Selaras dengan tagline "HEPI" (Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif) serta gotong royong.

"Semua dilakukan oleh pihak kelurahan dengan aktif, seperti hari ini kolaborasi kegiatan K3 dan pemeriksaan kesehatan, kegiatan ini sangat baik dan rutin kita lakukan, dalam kesempatan ini saya berpesan warga untuk selalu guyub rukun dan menjaga lingkungan," harap Lurah.

Kerja bakti K3 dihadiri Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah, Kasie Ekbang Mulyana Sjamsuma, Lurah Jaticempaka Amir, Kasi Permasbang Abdul Muin, Kasi Pemtrantibum Supriyadi dan para staf, UPTD LH, UPTD Puskesmas, UPTD Pematusan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pamor, linmas, Ketua RW 04 H Baban Chudhori dan jajaran pengurus, para ketua RT, Kader Posyandu, Kader PKK, Karang taruna dan warga sekitar.

H. Baban Chudhori selaku ketua RW 04 menyambut baik kerja bakti bersama oleh aparatur kelurahan dan linmas serta masyarakat. la juga mengapresiasi kegiatan kerja bakti K3L yang bisa terlaksana karena pemimpinya yang mau bekerja dan turun ke lapangan.

"Kerja bakti ini rutin dilaksanakan, hanya hari ini kami fokuskan di RT 08 kegiatannya adalah membersihkan sampah-sampah, gulma yang banyak tumbuhan liar di sepanjang jalan, pembersihan lahan tidak bertuan dan pematusan, Alhamdulillah karena kegiatan seperti ini rutin dn warga sudah pada sadar akan kebersihan dan keindahan jadi kelihatan lingkungan kelihatan bersih, ini semua terlaksana dengan semangat dan kompak karena diberi contoh oleh lurah kami Bapak Amir dan jajarannya yang selalu aktif turun ke waga dan tak segan- segan membantu langsung ke warga yang membutuhkan," Papar H. Baban. 

Aksi aparatur Kelurahan bersama warg melakukan kegiatan rutin kerja bakti mendapat tanggapan dari Hartanto tokoh masyarakat RW 04, menurutnya aksi kegiatan menciptakan Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) Lingkungan ini yang dipimpin langsung Lurah Jaticempaka dengan melibatkan aparatur Kelurahan menjadi contoh yang baik. 

"Kegiatan kerja bakti ini luar biasa semua dilibatkan, selain dalam angka kebersihan lingkungan, kerja bakti ini menjadi ajang silaturahmi warga dengan kelurahan," ujar Hartanto.

Octa Renaldo Pengawas tim Pematusan UPTD Pematusan Kecamatan Pondokgede saat di temui media di lokasi pematusan mengatakan cara Pematusan di lakukan sebagai antisipasi banjiir. 

"Pengangkatan sedimen lumpur, merupakan upaya untuk meminimalisir banjir di lingkungan. Disni kami mengimbau kepada warga masyarakat sekitar lokasi agar menjaga kebersihan dengan bergotong royong," Kata Octa.

Kegiatan kerja bakti K3 tidak lepas dari peran karang taruna RW 04 Jaticempaka yang diketuai Syamsul Bahri. Menurutnya tetap kompak dan menjaga kebersamaan adalah kunci kenapa karang taruna selalu eksis dan selalu siap dalam membantu menjalankan program-program dari pemerintah Kelurahan. 

“Alhamdulillah kami di karang taruna bergerak aktif dalam setiap kegiatan, komunikasi kami dengan pihak terkait dari RT, RW dan kelurahan berjalan baik, seperti kegiatan vaksin, kegiatan K3 dan lainnya kami dilibatkan. Seperti hari ini kegiatan K3 kami dari karang taruna RW maupun Sub datang semua, apalagi seperti disampaikan Bapak Wahyudi Aryadi Ketua RT 08 bahwa salah satu lokasi kegiatan K3 direncanakan menjadi lahan produktif lingkungan RT 08 RW 04 Jaticempaka, yang nantinya akan dikelola oleh pengurus RT dan karang taruna. Selain itu kami karang taruna dalam waktu dekat juga merencanakan kegiatan sosial dan juga pelantikan. Semoga kekompakan dan kebersamaan kami tetap terjaga dalam membantu pemerintah menjalankan program-programnya dalam Bersama-sama membangun kearah yang yang lebih baik." Papar Syamsul Bahri.

Rangkaian giatan kelurahan Jaticempaka, seperti pemeriksaan kesehatan gratis  bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Pondokgede, Kerja bakti K3 dibantu oleh UPTD Pematusan, selain itu ada bantuan dari unit Reaksi Cepat (URC) dibawah naungan Markum selaku kepala UPTD Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Pondok Gede yang mengerahkan armada mobil pengangkut dan 5 orang sebagai tenaga angkut.





Tidak ada komentar