Kobar di Bekasi Selatan Dimeriahkan Lomba Hadroh dan Karaoke


LUGAS | Kota Bekasi - Kecamatan Bekasi Selatan memutuskan untuk mencanangkan program bertajuk Kongko Bareng (Kobar) dan Pelayanan Publik, di mana sesuai dengan temanya, acara ini ditujukan untuk memudahkan akses warga Bekasi Selatan dengan berbagai layanan publik di Kota Bekasi. Setelah diadakan secara perdana di RW 12 Kelurahan Pekayon Jaya, Kobar kembali digelar pada hari ini bertempat di RW 09 Kelurahan Jakasetia, kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/02/2023).

Karya Sukmajaya, Camat Bekasi Selatan
  
Menariknya, serupa dengan di Pekayon Jaya, Kobar di Jaka Setia juga mendapatkan respons yang positif serta antusias dari warga, ditambah dengan adanya lomba Hadroh dan karaoke jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi yang ke-26 yang menambah suasana menjadi semakin Meriah. 

Tampak hadir dalam acara kongkow bareng Karya Sukmajaya, S.AP., M.Si Camat Bekasi Selatan dan jajaran, Kompol M. Budiyono, S.H., MM Kapolsek Bekasi Selatan dan jajaran, Jajaran polres Metro Bekasi Kota, Danramil dan Jajaran, anggota DPRD Nuryadi Darmawan, Para Lurah se-Kecamatan Bekasi Selatan, Satpol PP, Para Ketua RW, Ketua FK RW, dan RT se-Kelurahan Jaka Setia, Pokdarkamtibmas Bhayangkara, Mitra Jaya, Karang taruna, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Jakarta Setia.




Kobar merupakan inovasi Kecamatan Bekasi Selatan yang memang diadakan guna mendekatkan beragam layanan publik ke masyarakat. Di mana dengan ini maka warga tak perlu datang jauh-jauh ke kantor kecamatan hingga dinas bahkan puskesmas untuk mendapatkan layanan. Berdasarkan penjelasan Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, pihaknya sudah melakukan penilaian terhadap Kobar perdana sehingga gelaran di Kelurahan Jakasetia lebih matang dan lebih lengkap lagi.

"Sekarang jenis pelayanannya bertambah, sekarang ada NIB (Nomor Induk Berusaha) dari DPMPTSP, juga ada kartu kuning dari Dinas Ketenagakerjaan. Jadi ada penambahan-penambahan jenis pelayanan, semakin hari semakin meningkat yang berkontribusi terhadap kegiatan, mudah-mudahan berdampak buat pelayanan kita,” ungkap Karya kepada awak media di sela-sela kegiatan Kobar.



Menariknya, bertambah jumlah layanan untuk masyarakat di Kobar ini tak hanya datang dari pihak kecamatan atau warga semata. Karena menurut Karya, dinas-dinas serta beragam instansi memang ingin turut berkontribusi di program ini dengan tujuan memang memberikan pelayanan untuk masyarakat sekaligus lebih dekat dengan warga, bahkan pihak imigrasi juga turut menghadirkan layanannya di sini.



Dari layanannya sendiri, terbilang lengkap untuk warga yang datang. Dari mulai untuk mendaftarkan diri serta pengurusan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, skrining kesehatan dewasa dan anak (melalui posyandu), pembayaran pajak, pengurusan KTP serta KK, hingga vaksinasi COVID-19 hanya beberapa contoh pelayanan yang bisa diakses di Kobar pada hari ini. Dari sisi vaksinasi COVID-19 sendiri, petugas kesehatan dari Pusksesmas Jakasetia mengungkapkan bahwa pihaknya membawa 150 dosis vaksin dan bisa digunakan untuk booster, baik yang pertama serta kedua.


Selain itu tak lupa, UMKM setempat juga turut hadir untuk menjajakan produknya di stand Kobar Kelurahan Jakasetia dan menurut Karya, ini penting untuk terus mendorong roda perekonomian sekaligus membantu pemasaran. Bahkan pihak Pegadaian turut membuka stand di sini yang disebut memang dihadirkan untuk mempermudah pengusaha UMKM yang ingin mendapatkan bantuan pinjaman modal dengan biaya yang ringan serta syarat yang mudah.



Lurah Jakasetia Awis Subianto menjelaskan, jumlah layanan Kobar hari ini ada sekitar 32 layanan dengan masyarakat yang sebelumnya sudah mendapatkan informasi melalui grup via WhatsApp terkait apa saja yang bisa mereka akses layanannya. Sehingga tak heran bila sebelum Kobar di Kelurahan Jakasetia dibuka, warga sudah mulai berdatangan untuk mendaftarkan diri. Selain itu memang pihak kelurahan mengajak warganya memanfaatkan kegiatan ini sebelum Kobar digelar di kelurahan lainnya di Bekasi Selatan.

“Alhamdulillah, kita kan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang biasanya ke kantor jadi didekatkan ke wilayah. Jadi alhamdulillah warga juga antusias dan banyak pelayanan yang dilaksanakan di kantor tidak bisa diselesaikan sehari, InsyaAllah di sini bisa kita selesaikan. Karena kalau di kelurahan kan contohnya untuk KTP, harus ke kecamatan dulu, di sini kan lebih terintegrasi,” jelas Awis.




Sementara itu Eddy Purwanto Warga Jaka Setia, mengatakan bahwa semasa kepemimpinan Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, pelayanan publik terlaksana sangat baik, seperti pengurusan berkas-berkas administrasi dan perizinan.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini kami dan yang lain pastinya mengucapkan terima kasih, karena mempermudah dalam  pengurusan pembuatan Akte Kelahiran, KK, KTP dan lain sebagainya," kata Eddy mantan anggota dewan yang saat ini aktif dalam 
Forum Kemitraan Polisi Masyarakat Sektor Bekasi Selatan.




Kegiatan kongkow bareng tambah Meriah dengan lomba Hadroh dan karaoke menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi yang ke-26. Lomba Hadroh dan karaoke disambut antusias warga kecamatan Bekasi Selatan dimana diikuti 6 grup Hadroh dan beberapa peserta karaoke. 

Grup Hadroh yang mengikuti lomba  Nurul Falah Kelurahan Margajaya, Al-ikhlas Kelurahan Kayuringin Jaya,  EMC Kelurahan Jaka Setia, Miftahul Qolbu Kelurahan Jakamulya, HMQ Junior Kelurahan Pekayon Jaya, Al -Muroj Kelurahan Jakamulya.



Lomba Hadroh  
1. Juara I Tim Hadroh IMC
2. Juara II Tim Hadroh Al-Miroj
3. Juara III Tim Hadroh Miftahul Qolbi 

Lomba Karoke Tergokil
1. Juara I Camat Bekasi Selatan
2. Juara II Lurah Jakasetia
3. Juara III Nabila Kelurahan Jakamulya 
Kepada yang juara Mendapatkan Piala dan Uang Pembinaan. 






Tidak ada komentar