Lurah Jaticempaka Pimpin Kerja Bakti K3 RW 01 dengan Spirit HEPI



LUGAS | Kota Bekasi - Lurah Jaticempaka pimpin langsung pelaksanaan program Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) di sepanjang Jalan Curug Cempaka RT 03, RW 01 Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (04/02/2023). 

Amir, Lurah Jaticempaka dalam kesempatan bincang dengan LUGAS mengajak masyarakat yang ada di kelurahan Jaticempaka khususnya RW 01 untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan rutin kerja bakti.

"Kami berharap masyarakat untuk semangat dan terus melakukan kerja bakti secara rutin. Untuk itu, saya minta kepada ketua RW dan RT hadir dan memantau langsung pelaksanaan kerja bakti ini. kerja bakti K3 ini bukan tanggung jawab kelurahan saja , tapi tanggung jawab RT, RW dan semua masyarakat, Apalagi kita yakini ajaran agama kita bahwa kebersihan adalah bagaian daripada iman," ujar Amir. 

Menurut Amir pelayanan Kelurahan Jaticempaka  dilakukan dengan cara jemput bola Selaras dengan tagline "HEPI" (Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif) serta gotong royong.

"Semua dilakukan oleh pihak kelurahan dengan aktif, seperti hari ini kolaborasi kegiatan K3 dan pemeriksaan kesehatan," tutur Lurah. 

Kerja bakti K3 dihadiri Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan jajaran, Lurah Jaticempaka Amir dan jajaran, UPTD LH, UPTD Puskesmas, Babinsa,Bhabinkamtibmas, Pamor, linmas, Pokdar, Ketua RW 01 Farhan dan jajaran pengurus, para ketua RT, Kader Posyandu, Kader PKK, Karang taruna dan warga sekitar. 

Ny. Ambarwati Amir, Ketua PKK Kelurahan Jaticempaka  mengatakan bahwa kegiatan hari ini Kerja Bakti K3 dan Pemeriksaan Kesehatan. Tadi ada pesan dari pak Camat gerakan tanam cabe setiap keluarga minimal satu tanaman cabe. Semua kegiatan tersebut merupakan penjabaran pelaksanaan dari 10 program pokok PKK.

Ny. Ambarwati Amir  menjelaskan dengan gerakan menanam cabe dapat meningkatkan pemanfaatan lahan untuk ketahanan pangan masyarakat. Menanam cabe dan tanaman produktif lainnya harus terus ditingkatkan di lingkungan rumah warga. Kami PKK sangat mendukung hal itu. menanam cabe ini merupakan solusi untuk mengatasi harga cabe yang tidak menentu," katanya.

Ny. Ambarwati Amir menambahkan untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, telah dilakukan oleh 4 Kelompok Kerja secara luwes dan koordinatif, yaitu :

1. Pokja I :
a. Bidang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
b. Bidang Gotong Royong.  

2. Pokja II :
a. Bidang Pendidikan dan Keterampilan;
b. Bidang Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.  

3. Pokja III :
a. Bidang Pangan;
b. Bidang Sandang;
c. Bidang Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.  

4. Pokja IV :
a. Bidang Kesehatan;
b. Bidang Kelestarian Lingkungan Hidup;
c. Perencanaan Sehat.

Sementara itu Farhan ketua RW 01 Kelurahan Jaticempaka menambahkan. 

"Alhamdulillah kami ada grup baik RT maupun RW, disitu kita maksimalkan untuk komunikasi terkait berbagai kegiatan, seperti hari ini ada kegiatan K3, pemeriksaan kesehatan dan juga ada pembukaan no rekening bank dan Kartu ATM. Gratis bagi yang belum memiliki no rekening bank dan kartu ATM.  alhamdulilah pada hadir dan saling mendukung." tutur ketua RW. 

Lanjutnya, "Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan berkesinambungan demi menjaga silaturahmi dan menjaga kekompakan antar warga masyarakat agar  lebih kompak dan selalu menjaga Keindahan, Kebersihan dan Kerapihan wilayah." Farhan.

Camat Pondok Gede Zainal Abidin Syah hadir dan ikut turun kerja bakti bersama warga, dirinya mengajak masyarakat khususnya warga yang ada dikelurahan Jati Cempaka untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan rutin melakukan kegiatan kerja bakti.

"Kami berharap masyarakat untuk semangat dan terus melakukan kerja bakti secara rutin. Untuk itu saya minta kepada lurah memantau langsung pelaksanaan kerja bakti ini. Kerja bakti ini memang sudah terjadwal di masing- masing kelurahan, jadi bukan berarti kerja bakti K3 ini tanggung jawab kelurahan, tapi tanggung jawab RT, RW dan masyarakat," ujar Zainal Abidin. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini bernilai ibadah untuk kemaslahatan kita semua. menjadi ikon kebersihan. Ada spanduk gerakan lingkungan bersih, jadi kita praktekkan dan harus terlibat dalam mewujudkan visi misi Kota Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan," Jelasnya. 

Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah berharap,  warga ikut berperan dalam menekan dan mengendalikan laju inflasi akibat dampak tingginya harga bahan pokok,  dengan  mencanangkan program Gerakan Menaman Cabe minimal satu tanaman dalam satu keluarga. 









Tidak ada komentar