Ormas di Bantul Mendapat Sosialisasi Tahapan Pemilu Serentak 2024

 




LUGAS | Bantul
- Dalam rangka  mendukung suksesnya PEMILU dan PEMILUKADA Serentak 2024 Pemerintah Kabupaten Bantul yang disampaikan secara langsung  oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) melakukan pemberdayaan kepada organisasi kemasyarakatan yang telah mengantongi Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri diantaranya  Sentra Komunikasi Mitra Polri dan Organisasi Kemasyarakatan Paksi Katon  pada hari Rabu 22 Februari 2023 di  Rumah Sawah Gathak Sewon, Bantul, Yogyakarta.

 


Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo dalam sambutanya memberikan  pemaparan sosialisasi persiapan tahapan PEMILU dan PEMILUKADA  serentak pada 14 Februari  2024 dengan penyuluhan diantaranya  Budgeting, Pengawasan dan Legislasi sebagaimana pasal 1 Undang Undang No.17 tahun 2013 tentang ormas sebagai organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

"Adapun  tahapan pemilu, Pemda Bantul merangkul, memberikan  sentuhan  peningkatan  kapasitas penguatan sumber daya manusia melalui organisasi kemasyarakatan sekaligus peraturan Gubernur DIY Nomor 73 Tahun 2022 pasal 1 tentang pemberdayaan  organisasi sebagai  upaya untuk meningkatkan kinerja dan menjaga keberlangsungan organisasi kemasyarakatan dengan menciptakan kondisi yang memungkinkan organisasi kemasyarakatan dapat tumbuh berkembang secara sehat, mandiri akuntabel dan profesional," terang Hanung.



Pasi Intel Kodim 0729 Bantul Kapten Infantri Agung Prasetyo menyampaikan secara langsung  pentingnya wawasan kebangsaan untuk mendukung mensukseskan dari pada PEMILU dan PEMILUKADA serentak 2024 guna menumbuhkan jiwa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia. 

"Momen pemilu harus didukung mengedepankan nilai  budaya, menjaga  disintegrasi bangsa  dan pemanfaatan ORMAS jangan disalahgunakan untuk menyimpang, untuk  kepentingan pribadi kususnya di kabupaten Bantul," ungkap Agung.




Sekretaris Kesatuan Bangsa dan  Politik   Suparmadi mengungkapkan data saat ini organisasi kemasyarakatan di Bantul yang telah  terdaftar di kesbangpol   jumlahnya 181. 

 

"Dari jumlah tersebut sebagian mengantongi surat keterangan terdaftar SKT menteri dalam negeri dan terdaftar di Kesatuan bangsa dan politik dan Ketahanan seni, budaya, agama dan kemasyarakatan," terangnya.

Tampak hadir  ketua Senkom Edi Suryo Ismoyo beserta sejumlah anggota. Edi mengungkapkan anggota Senkom siap diterjunkan di 17 kapanewon guna safari  cipta kondisi dalam rangka menjaga kamtibmas. Ia juga menegaskan Senkom tidak berafiliasi dengan partai politik manapun guna menjaga  keutuhan NKRI .



 Laporan Wisnu Jatmiko

Tidak ada komentar