Hari Bhakti Rimbawa ke-40, KPH Taliabu Tanam 100 Pohon di Desa Meranti Jaya

 




LUGAS | Taliabu
- Memperingati Hari Bhakti Rimbawa ke-40 tahun 2023 Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Taliabu menyelenggarakan gerakan penanaman pohon  bertema, “Hijaukan Bumi Birukan Langit” di  Desa Meranti Jaya, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara pada Kamis (16/03/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala KPH Pulau Taliabu beserta jajaran, Kepala Desa Meranti Jaya, BPD Meranti Jaya, Bhabinkantibmas  Desa Meranti Jaya, Senkom Mitra Polri Kabupaten Pulau Taliabu, tokoh masyarakat serta tokoh adat desa Meranti Jaya, pemuda Desa Meranti  Jaya, siswa-siswi Madrasah Aliyah Meranti Jaya.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim dan mengurangi risiko bencana di Desa, merupakan himbauan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada peringatan hari Desa Asri Nusantara.





Gerakan  Penanaman  Pohon serentak di desa seluruh Indonesia pada  hari Bhakti Rimbawa ke-40 tahun, tertuang dalam surat sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa (PDTT) Nomor 48/PDP.02.04/II/2023 Perihal himbauan kepada seluruh KPH melakukan penanaman pohon serentak di Desa seluruh Indonesia.

Dikatatakan Totok Mujiyanto S.Hut., selaku kepala KPH Pulau Taliabu dalam sambutanya, penanaman pohon Desa Asri Nusantara diharapkan dapat mengurangi resiko bencana dengan dilakukan serentak seluruh desa se-Indonesia.

“Kegiatan penanaman pohon desa ASRI Nusantara bertujuan mewujudkan desa Aman Sehat, Rindang, Indah. Menghijaukan bumi dari desa membangun Indonesia dari desa, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim. Mewujudkan desa ASRI yang bersih hijau jauh dari pencemaran lingkungan dan mengurangi  resiko bencana dilakukan secara serentak seluruh desa se-Indonesia. Untuk kesempatan di desa Meranti Jaya ini ditanam seratus pohon," ungkapnya.







Dikesempatan yang sama Bhabinkantibmas, Bripka Fajri juga menambahkan kepada warga, agar selalu merawat tanaman pohon tersebut supaya tumbuh subur  dan bermanfaat dan penghijuan dikemudian hari.

“Saya berharap agar tanamanan yang sudah ditanam ini selalu dirawat dan dijaga terutama dari hewan ternak yang masih berkeliaran bebas tanpa dikandang oleh pemiliknya,  dengan harapan pohon ini akan menjadikan lingkungan kita semakin asri, dan dapat mengurangi risiko bencana alam," ucap Bripka Fajri.



Tidak ada komentar