K3 Masuk Rumah, United Tractors Site Muaralawa Berkolaborasi dengan BPBD dan SENKOM Rescue




LUGAS | Kutai Barat - Dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 12 Februari - 12 Maret 2023, PT United Tractors Tbk Site Muaralawa mengimplementasikan program ESG (Environmental, Social, dan Governance) dengan Pelatihan penanganan kebakaran kepada ibu-ibu para istri karyawan PT United Tractors Tbk Site Muaralawa pada Sabtu (4/3/2023). Kegiatan ini berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SENKOM Rescue Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur.


Pada kegiatan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran Rumah Tangga ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Site Manager PT United Tractors Site Muaralawa Priyatin Suwandi. Ia menyampaikan pesan agar semua ibu-ibu para istri karyawan yang mengikuti pelatihan ini bisa mempelajari semua materi dan praktik langsung.




"Supaya lebih memahami step by step penggunaan APAR dan cara menanggulangi api pada saat kebakaran kecil yang nantinya bisa bermanfaat dalam keseharian mereka," jelasnya.


Priyatin Suwandi juga menyampaikan terimakasih kepada tim BPBD dan SENKOM RESCUE Kutai Barat bisa menjadi narasumber pada pelatihan K3 Masuk Rumah PT United Tractors Tbk Site Muaralawa dan berharap kedepannya bisa saling bersinergi di berbagai kegiatan.


Dalam sambutannya, Penata Penanggulangan Bencana  BPBD Kutai Barat Seldas Limbong, S.Sos, M.Si mengungkapkan pihaknya juga berterima kasih kepada PT United Tractors Tbk Site Muaralawa. Karena telah ikut peduli terhadap resiko bencana kebakaran yang bisa saja terjadi pada aktivitas keluarga.




"Dengan menyelenggarakan pelatihan ini kami juga terbantu untuk menjalankan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengetahuan tata cara penanggulangan dan metode pemadaman api dengan cara menggunakan APAR dan refresh agar tidak panik nantinya jika ada hal yang tidak kita inginkan terjadi di rumah kita masing-masing," ungkap Seldas Limbong.


Beberapa materi disampaikan BPBD Kutai Barat dengan meliputi beberapa topik pembahasan diantaranya membahas tentang penyebab terbanyak terjadinya kebakaran di permukiman. yang paling sering terjadi akibat konsleting arus listrik dan kebocoran kompor gas.


Disamping itu disampaikan materi terkait klasifikasi kebakaran, faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, metode/cara pemadaman api, alat-alat pemadam kebakaran, cara menggunakan APAR, pemadaman menggunakan handuk basah, tips-tips pencegahan dini agar tidak terjadi kebakaran serta hal-hal yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran. Pada kesempatan ini para peserta sangat antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh tim BPBD Kutai Barat hingga selesai.




Selesai paparan oleh team BPBD, ESR PT United Tractors Site Muaralawa membuat kuis yang bertujuan untuk refresh pengetahuan peserta terhadap materi yang disampaikan, Quizzis yang diikuti peserta berlangsung seru dan peserta yang mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan souvenir sebagai apresiasi. Pada sesi tanya jawab yang dilakukan oleh team BPBD, team ESR UT Muralawa juga menyediakan souvenir bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh team BPBD terkait materi yang telah di sampaikan sebelumnya. Pada kesempatan ini, didapatkan 2 peserta yang mampu menjawab dengan baik pertanyaan dari BPBD.


Kegiatan dilanjutkan  praktik langsung memadamkan api menggunakan APAR dan metode pemadaman api menggunakan metode Smothering (Isolasi Oksigen) menggunakan handuk basah. Penggunaan handuk basah ini dipilih untuk menyesuaikan sasaran ibu-ibu yang berjibaku di dapur/ rumah yang notabene hanya tersedia handuk dan kain yang mudah ditemukan dan bisa digunakan. Sehingga jika nantinya ada kejadian yang tidak diharapkan para peserta sudah mendapatkan bekal pelatihan penggunaan APAR dan metode Smothering (Isolasi Oksigen) menggunakan handuk/kain basah.





Pada kesempatan ini juga pihak BPBD langsung mendemonstrasikan cara penggunaan APAR yang baik dan benar, serta memadamkan api menggunakan handuk/kain basah dengan metode Smothering (Isolasi Energi), kegiatan ini juga sudah disediakan Damkar mini dari tim BPBD Kab. Kutai Barat sebagai bentuk proteksi awal jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Kegiatan ini diselenggarakan disalah satu rumah karyawan UT sebegai bentuk kepedulian management kepada keluarga atau istri karyawan.


Tentang United Tractors

PT United Tractors Tbk (UT) yang dikenal sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia telah berdiri sejak tahun 1972. Saat ini UT telah berkembang dan memiliki enam pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan Batubara, Pertambangan Emas, Industri Konstruksi dan Energi. Sebagai kontribusi UT terhadap pencapaian Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), UT secara konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjunjung tinggi keberlanjutan.


ESG United Tractors
Sebagai perusahaan alat berat, pertambangan, dan energi berkelas dunia dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di Indonesia, UT berkomitmen untuk menghadirkan masa depan yang berkelanjutan bagi indonesia melalui penerapan prinsip ESG yang efektif dengan memperhatikan lingkungan, berdampak baik bagi sosial masyarakat, serta menjunjung tata kelola perusahaan yang baik pada seluruh level operasi bisnisnya, serta mengoptimalkan kompetensi, keahlian, dan aset strategis yang dimiliki untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.




Laporan Deni Indriatmoko, LUGAS Kutai Barat, Kaltim

Tidak ada komentar