Sambangi Kelurahan Jaticempaka, Tim Penilai Kota Bekasi Lakukan Rechecking



LUGAS | Kota Bekasi - Kelurahan Jaticempaka  terpilih menjadi salah satu Kelurahan yang mewakili Kecamatan dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan Tahun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kota Bekasi. 

Penilaian ini bertempat di Halaman Kantor Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/03/2023). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah, kepala Bagaian tata pemerintahan Kota Bekasi Lia Erliani dan OPD gang terlibat dalam  penilaian, Danramil, Kapolsek, Lurah se kecamatan Pondokgede, kepala UPTD Pajak dan retribusi, UPTD Wilayah pengendalian penduduk, Kepala RSUD Pondokgede, Kepala Puskesmas sekecamatan pondokgede, kepala UPTD Pengawasan abbgunan, korlap Lalin, kordinator PP, korlap Satpol PP,UPTD Kebersihan,TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, Karang taruna, KNPI, LPM, BKM, PKK, Ketua RW, RT Karang Taruna dan para tokoh. 

Tim penilai Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kota Bekasi tahun anggaran 2023 dari Setda Pemerintah kota Bekasi yang diketuai Kapala bagaian Tata pemerintahan, Lia Erliani. 

Tim penilai yang dipimpin Lia Erliani didampingi Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan Lurah Jaticempaka Amir beserta staff, berkeliling meninjau langsung  wilayah yang menjadi objek penilaian. 

"Ini adalah lomba kinerja kelurahan tingkat kota Bekasi, dan yang masuk ke tahap penilaian untuk klarifikasi ke lapangan. ada 10 kelurahan,” kata Lia Erliani. 

Lia Erliani kembali menuturkan bahwa ada 3 kriteria penilaian pada lomba itu yaitu meliputi pelayanan Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

“Penilaiannya dilihat dari administrasinya, bagaimana kemudian lurah mampu membangun sinergi dengan seluruh komponen baik internal maupun eksternalnya, bagaimana dia membangun hubungan koordinasi dengan perangkat daerah, dengan atasannya,” imbuhnya.
 
Lia kembali menuturkan bahwa Inovasi lurah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya juga menjadi titik penilaian.

Lomba Kinerja Kelurahan ini dilakukan secara berjenjang, pertama penilaiannya dilakukan di tingkat kecamatan. dari masing-masing kecamatan kemudian mengirimkan 2 perwakilan untuk menjadi perwakilan masing-masing kecamatannya ke tingkat kota.
Dari 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi, hanya 10 kelurahan dari 8 kecamatan yang dinyatakan lolos seleksi sejak tingkat kecamatannya.

Sementara itu dalam akspose Lurah Jaticempaka Amir menyampaikan, bahwa Kelurahan Jaticempaka  selalu  bersinergi bersama tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan para OPD untuk memberikan pelayanan-pelayanan terpadu kepada masyarakat, serta pembangunan maupun kemasyarakatan menciptakan rasa aman dan nyaman.

Petris Sembiring (Kemeja hitam) Pengusaha tanaman hias, menjelaskan Jenis tanaman Hias Aglonema, Anthurium Crystallinum dan Velodrome

Kelurahan yang dalam pelayanan yang dilakukan dengan cara jemput bola Selaras dengan tagline "HEPI" (Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif) serta gotong royong.

Untuk klarifikasi lapangan, kelurahan Jaticempaka memiliki inovasi-inovasi yang di kunjungi tim penilai untuk dilakukan Rechecking. Adapun lokasi Klarifikasi Lapangan disampaikan sebagai berikut :

1. Posyandu Seroja RW. 007
2. Kampung KB RW. 011
3. Rumah Sehat RW. 011
4. Taman Obat Keluarga (TOGA) RW. 011
5. PAUD dan Taman Bacaan RW. 007
6. Pos Kamling RW. 001
7. Tempat UMKM Unggulan Gerak Tani RW. OLO
8. Koperasi Berprestasi RW. 010
9. Kebun Ketahanan Pangan RW. 011
10. Posko Bencana Sekretariat RW. 007
11. Seni Budaya RW. 006
12. Destinasi Wisata Kolam Renang Permata Timur II RT. 009 RW, 002
13. Pelestarian Lingkungan Hidup:
1) Taman Depan Masjid Daarul Hikam RW. 007
2) Green House Flora Sari Nursery Bpk. Petris/ Ibu Sembiring
3) Kolam Ikan Bio Flog RW. 004
14. Inovasi :
1) TPS3R RW. 011
2) Early Warning System (EWS) Banjir RW. 007

“Kita disini sangat menyambut baik tim penilai, dan memang kita mempunyai potensi-potensi di wilayah kami, untuk di lombakan,” kata Amir lurah Jaticempaka. 

Namun, Amir berharap kelurahan Jaticempaka mendapatkan juara, akan tetapi semua dikembalikan kepada juri, baginya peran aktif dari masyarakat Jaticempaka adalah hal yang terpenting.

“Yang terpenting lagi adalah kami dapat memberikan pelayanan terbaik juga kepada masyarakat, dan yang terpenting lagi adalah kami dapat memberikan pelayanan secara responsif disetiap waktu,” jelasnya. 

Amir selaku Lurah Jaticempaka  menambahkan bahwa lomba kinerja Kelurahan ini sudah di laksanakan mulai dari tahap awal sampai dengan hari ini  pengecekan langsung dilapangan.

Lia Erliani Ketua Tim Penilai didampingi Amir Lurah Jaticempaka di Tempat Pembesaran Ikan

Kita masuk 10 besar, ada beberapa RW yang kita unggulkan di sana dalam arti berkaitan dengan potensi yang ada walaupun se Kelurahan Jaticempaka ini potensi nya memang hampir merata. 

"Tentunya ini atas kerjasama mulai dari RT, RW dan seluruh pihak dari stakeholder yang ada di Kelurahan Jaticempaka sampai terwujud menjadi 10 besar yang sekarang dilombakan, mudah-mudahan hasilnya bisa maksimal," ungkapnya 

Kedepannya pastinya kita akan melakukan perbaikan-perbaikan, dengan hadirnya team kesini pastinya ada sedikit yang harus kita perbaiki.

"Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan baik dari segi pelayanan dan peningkatan UMKM nya agar Jaticempaka ini menjadi kelurahan yang hebat," terangnya.


Di lokasi yang sama, Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah menyampaikan, kinerja aparatur kelurahan sudah baik. 

"Kinerja yang baik tidak hanya saat ada penilaian saja, namun peningkatan kerja harus menjadi budaya, adapun menang," tegas Camat. 

"Saya juga sangat apresiasi terhadap para penilai kinerja dari Kota Bekasi yang sudah sangat profesional dalam melakukan penilaian. Adapun untuk evaluasi penilaian ini akan membawa perubahan yang lebih baik lagi di kecamatan Pondokgede yang tentunya punya misi dan visi, itu harus terwujud dengan menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan profesional dengan alur pemikiran maju ke depan yang lebih baik lagi," Jelas Zainal. 

Menurut Zainal lomba ini merupakan media kami untuk meningjatkan kualitas kinerja, memperbaiki tata kelola administrasi dan pelayanan 

"Apa yang sudah di siapkan oleh teman-teman, Kelurahan Jaticempaka bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan semoga kalau ada kesempatan untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya kami akan berupaya untuk lebih baik lagi, dengan upaya yang telah dilakukan untuk Visi Kota Bekasi “Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan". MISI. Meningkatkan Kapasitas Tata Kelola Pemerintahan yang baik," Pungkas Zain Abidin Syah.










Tidak ada komentar