Seribu UMKM Go Digital Bersama Labamu




LUGAS | Bandung
- Pelatihan dan Pemberdayaan UMKM Rumah BUMN Bandung,  di Ranah Digital Bersama Labamu telah resmi dilaksanakan di Gedung Bandung Creative Hub, Kota Bandung, pada tanggal 7-10 Maret 2023. Acara ini dihadiri oleh banyak pelaku UMKM dan diresmikan melalui Zoom Meeting oleh Direktur PT Laba Kita Bersama, Arnold Sebastian Egg.

Head of Digital Marketing Labamu, Irfan Badruzaman, memberikan informasi lebih lanjut mengenai Labamu,  aplikasi pencatatan keuangan yang mereka tawarkan. Labamu adalah aplikasi gratis yang membantu pelaku UMKM dalam pencatatan keuangan dan pembuatan penawaran serta tagihan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan seperti sistem kasir dan pembukuan keuangan pada usaha yang dijalankan.


Selama acara, pelaku UMKM mendapatkan beragam pelatihan dan pemberdayaan yang terdiri dari delapan materi penting. Materi pertama adalah fitur pembuatan penawaran (quotation), yang akan membantu para pelaku usaha dalam membuat penawaran yang profesional dan menarik. Selanjutnya, materi kedua adalah fitur pembuatan tagihan (invoicing), yang akan memudahkan pelaku usaha dalam pembuatan tagihan dan pembayaran.


Materi ketiga adalah fitur produk dan stok produk, yang akan membantu pelaku usaha dalam manajemen stok produk dan perencanaan pengadaan barang. Sedangkan materi keempat adalah fitur pelanggan, yang akan membantu pelaku usaha dalam manajemen pelanggan dan pemasaran produk.


Materi kelima adalah fitur kasir (POS), yang akan membantu pelaku usaha dalam transaksi penjualan dan pembayaran dengan cepat dan mudah. Sementara itu, materi keenam adalah fitur manajemen pegawai. Selanjutnya, materi terakhir adalah fitur komunitas, yang akan membantu pelaku usaha untuk terhubung dengan sesama pelaku usaha, memperluas jaringan bisnis, dan berbagi informasi serta pengalaman.


Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan UMKM ini  juga berkolaborasi dengan platform  PajakUMKM yang juga melakukan sosialisasi terkait pajak bagi pelaku UMKM disampaikan langsung oleh Indra Rama Putra selaku Direkturnya.


Hadir dalam kegiatan pelatihan ini pejabat  Balatkop provinsi Jawa Barat,  HIPPI Kabupaten Bandung, dan beberapa komunitas UMKM.

 



Dalam pelatihan di ranah digital bersama Labamu, para pelaku usaha akan diajarkan tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan aplikasi Labamu dalam bisnis mereka. Selain itu, mereka juga akan memperoleh pengetahuan tentang strategi pemasaran digital, manajemen keuangan, dan strategi bisnis secara umum.

"Materi-materi yang diajarkan selama acara ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha UMKM di Kota Bandung dalam mengembangkan usahanya di era digital. Dengan aplikasi Labamu yang dapat membantu para pelaku usaha dalam manajemen keuangan, pemasaran, dan pengembangan bisnis, diharapkan UMKM dapat semakin berkembang dan maju di masa depan," tambah Ichwan Sitorus selaku Head of PR Labamu.

Pelatihan dan pemberdayaan UMKM Rumah BUMN Bandung di Ranah Digital Bersama Labamu merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan para pelaku usaha UMKM di Indonesia. Acara  ini  bahkan mendapat apresiasi dari Andri Juwandi selaku Ketum HIPPI Kabupaten Bandung dan Plh Ketua HIPPI Jawa Barat yang juga hadir, karena dinilai dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku usaha UMKM di Kota Bandung dan Indonesia pada umumnya.(*)

Tidak ada komentar