120 Anak Yatim Kebon Pala Terima Santunan Ramadhan Transjakarta

Wibowo, Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR Transjakarta secara simbolis menyerahkan  santunan yatim kepada Sekkel Kebon Pala Ariyanto


LUGAS
| Jakarta Timur
- Dalam rangka implementasi prinsip dan kebijakan penerapan tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan di lingkungan sekitar, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memberikan santunan ramadhan kepada 120 anak yatim di kelurahan Kebon Pala kecamatan Makasar kota Administrasi Jakarta Timur, Senin (17/04/2023).

Hal itu diungkapkan Wibowo, Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR Transjakarta disela kegiatan pembagian santunan kepada anak yatim dari 12 RW di kelurahan Kebon Pala.

Dikatakan Wibowo, perusahaan berpandangan bahwa Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah upaya dari Transjakarta untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

"Agenda CSR telah mengalami perkembangan yang luar biasa, dimana pembangunan berkelanjutan telah mengadopsi 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs) sebagai kelanjutan dari Multi Development Goals (MDGs) yang mempersyaratkan komitmen dunia usaha dalam menciptakan keseimbangan dalam kegiatan operasi dan bisnisnya," terang Wibowo.

"Dalam kesempatan ini saya mewakili direksi yang sedianya ingin hadir bertemu dengan adik-adik yatim. Mohon doanya semoga Transjakarta semakin maju dan meningkat dalam melayani penumpang," ucap Wibowo.

Tentang pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan, Transjakarta memiliki dokumen sebagai dasar implementasi CSR berupa Surat Keputusan Direksi Np. 61/SKP-PT.TJ/IV/2019 tanggal 18 April 2019 tentang Pelaksanaan Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) PT Transportasi Jakarta; serta Pedoman Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) PT Transportasi Jakarta tahun 2019.

Sebagai BUMD Provinsi DKI Jakarta serta penyedia transportasi BRT terbesar se-Asia tenggara, Perusahaan memiliki tanggung jawab kepada warga masyarakat untuk dapat memberikan manfaat terhadap sosial, ekonomi maupun lingkungan.

Kegiatan tanggung jawab sosial ini diharapkan dapat membantu dan memberikan manfaat sepenuhnya terhadap lingkungan, masyarakat serta pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasional perusahaan serta memberikan nilai tambah perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Sebagaimana diketahui dalam prinsip CSR atau kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, memiliki tujuan berdasarkan pada 17 pembangunan berkelanjutan (TPB) antara lain mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dimanapun; mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan seterusnya.

Melalui kegiatan CSR Transjakarta membangun pilar Praktek Bisnis Sosial (PBS) yang merupakan kegiatan  pembinaan kemandirian mitra perusahaan dengan berdasarkan bisnis yang dijalankan; Pendidikan Sosial (PS) sebagai upaya pengembangan Pendidikan yang ditujukan kepada siswa putus sekolah di lingkungan sekitar perusahaan; dan Marketing Sosial (MS) berbentuk partisipasi baik yang didapat dari masyarakat ataupun dikeluarkan oleh perusahaan guna meningkatkan kedekatan pemangku kepentingan kepada perusahaan sehingga dapat berkontribusi kepada peningkatan pendapatan atau loyalitas; serta Bina Lingkungan Sosial (BLS) dengan program partisipasi perusahaan yang bersifat keagamaan, kebudayaan dan lingkungan hidup.

Sekkel Kebon Pala Ariyanto mewakili lurah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada manajemen Transjakarta yang pada ramadhan tahun ini memberikan santunan kepada anak-anak yatim di wilayah kelurahan Kebon Pala. Ia berharap kedepan akan berkembang ke program-program berkelanjutan lainnya.

Kegiatan penyerahan santunan bagi 120 anak yatim di kelurahan Kebon Pala dihadiri manajemen PT TransJakarta, Lurah, Sekkel, Kasipem, Kasi Kesra, Kasatpol PP serta para ASN, Ketua RW, LMK, FKDM, Babinsa, Babinpotdirga, dan para penerima santunan.

Tidak ada komentar