Ratusan Casis Komcad Matra Udara Ikuti Seleksi Kompetensi di Lanud Sulaiman

Komcad



LUGAS | Bandung - Sebanyak 310 calon siswa (Casis) Komponen Cadangan (Komcad) telah tiba di Mess Grahatama, Lanud Sulaiman Bandung, Selasa (25/4), untuk melaksanakan lapor datang dan selanjutnya mengikuti seleksi uji kompetensi Komponen Cadangan Matra Udara tahun 2023.

Melansir keterangan Penerangan Lanud Sulaiman dalam Instagram @lanudsulaiman_official, Rabu (26/4), seleksi kompetensi akan berlangsung selama kurang lebih dua belas hari, sejak 25 April hingga 6 Mei 2023.

“Para Casis akan melaksanakan uji kompentensi, di antaranya kesehatan jiwa (keswa) berupa ujian tertulis, pemeriksaan psikologi dengan sistem CAT (Computer Assisted Test), pemeriksaan kesehatan (kesehatan umum dan wawancara kesehatan jiwa), tes kesemaptaan jasmani, dan wawancara litpers (penelitian personel),” tulis Penerangan Lanud Sulaiman.

Usai mengikuti seleksi tingkat pusat, nantinya para Casis yang lolos akan menempuh pelatihan militer dasar selama tiga bulan di pusat-pusat pelatihan militer milik TNI, baik TNI AD, TNI AL maupun TNI AU.

Setelah selesai pelatihan dan dinyatakan lulus, mereka akan ditetapkan secara resmi sebagai anggota Komcad dan bisa kembali ke profesi awalnya sebagai warga negara sipil. Seluruh atribut kemiliteran yang digunakan untuk latihan, termasuk senjata, dikembalikan ke lembaga pendidikan militer masing-masing sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 3/2021.

Pada dasarnya, Komponen Cadangan bukanlah wajib militer. Dilansir dari laman Kemhan RI, Komponen Cadangan adalah salah satu program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Lebih lanjut dijelaskan, merujuk pada UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Untuk itu, secara khusus nantinya Komcad Matra Udara akan dikerahkan untuk memperkokoh kekuatan TNI Angkatan Udara (TNI AU).








Tidak ada komentar